MILENIAL

Tumbukan Semangat Karakter Anak, Dinas PKO Mabar Gelar LPI

Oleh Frumentius Amas [Labuan Bajo]

Liga Pelajar Indonesia (LPI) merupakan salah satu iven olahraga yang penting guna menumbuhkan semangat solidaritas karakter yang ada dalam diri peserta didik. LPI juga untuk memupuk kerja sama, kedisiplinan, sportifitas dan kerja keras merupakan bagian dari nilai-nilai karakter anak.

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Manggarai Barat Yohanes Hani mengatakan hal itu saat membuka kegiatan pertandingan sepak bola antar pelajar tingkat SMP Tahun 2023 yang berlangsung di Lapangan Sepak Bola SMAK St,Ignatius Loyola, Labuan Bajo, Senin (25/9/2023).

Menurut dia, jika peserta didik ikut ambil bagian dalam LPI, maka sesungguhnya peserta didik sedang berusaha menumbuhkan  nilai-nilai karakter dalam diri mereka. Sebab sekolah bukan hanya membuat orang menjadi pintar, tetapi juga menumbuhkan nilai karakter anak.

BACA JUGA:  Pengorbanan Berbuah Prestasi Musikalisasi Puisi

“Karena itu, ketika banyak anak mengikuti kegiatan ekstra kurikuler, mestinya kita dukung dan salah satunya LPI ini,”tandasnya.

Kadis PKO Yohanes Hani saat membuka turnamen LPI tingkat Kabupaten Manggarai Barat.(foto:Frumen Amas/Floresgenuine)

Ia menyebutkan sejumlah keuntungan yang bisa diraih oleh anak didik dari adanya kegiatan ekstra ini. Apalagi generasi muda adalah pemimpin-pemimpin masa depan. Mereka tentu bukan hanya membutuhkan nilai sepuluh atau sembilan di sekolah tetapi mereka juga perlu dibentuk untuk memiliki karakter sebagai pemimpin di masa depan. Dan salah satunya melalui olahraga.

LPI juga merupakan salah satu ajang untuk mencari dan menyeleksi bibit-bibit pemain bola yang nanti akan ikut dalam turnamen-turnamen seperti ajang bola sepak usia 16 tahun yang akan digelar di Sumba Barat. Untuk itu, iven pertandingan ini hendaknya dimanfaatkan untuk memupuk sportifitas dan fair play serta menumbuhkan karakter anak didik sebagaimana yang diharapkan.

Sementara itu, Ketua panitia pelaksana LPI, Nikolas Tolentino melaporkan bahwa turnamen LPI tahun 2023 tingkat Kabupaten Manggarai Barat kali ini diikuti oleh 11 kesebelasan yang dari 11 kecamatan dan satu kesebelasan dari SMPN 2 Mbeliling minus Kecamatan Macang Pacar yang batal mengikuti turnamen tahunan ini.*

BACA JUGA:  Gaya Tidak Sesuai dengan Prestasi

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button