POLITIK

Survey Elektabilitas, Prabowo – Gibran Mencapai 50,2 Persen

FLORESGENUINE.comMemasuki masa kampanye Pemilu 2024, elektabilitas pasangan Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Gibran Rakabuming Raka menembus lebih dari 50 persen.

Hasil survey New Indonesia Research & Consulting menunjukkan Pasangan Prabowo – Gibran unggul jauh dengan elektabilitas mencapai 50,5 persen dalam simulasi tiga pasang Capres-Cawapres. Sementara Pasangan Ganjar Pranowo – Mahfud MD tertinggal pada posisi ke dua yakni sebesar 26,0 persen dan Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar menempati urutan ketiga dengan 15,3 persen. Sedangkan sisanya menyatakan tidak tahu atau tidak jawab sebesar 8,2 persen.

“Dengan elektabilitas menembus 50,5 persen, pasangan Prabowo-Gibran diprediksi bakal menang Pilpres dalam satu putaran,” ungkap Direktur Eksekutif New Indonesia Research & Consulting Andreas Nuryono dalam siaran pers di Jakarta, Jumat (8/12/2023).

BACA JUGA:  Mengukur Kualitas Debat Pilpres: Rasionalitas dan Etika

Menurut Andreas, terjadi perubahan signifikan dalam rentang tiga bulan terakhir, atau sebelum peta kontestasi Pilpres mengerucut ke tiga pasangan. Pada survei bulan September, elektabilitas Prabowo belum mencapai 40 persen dalam simulasi tiga nama capres. Namun, setelah dipasangkan dengan Gibran yang notabene putera sulung Presiden Jokowi, dukungan terhadap Prabowo meroket. Sebaliknya, elektabilitas Ganjar dan Anies melorot kembali ke simulasi banyak nama capres.

“Pemilihan figur Cawapres lebih banyak mendongkrak elektabilitas Prabowo alih-alih Ganjar maupun Anies,” tambah Andreas.

Survey New Indonesia Recearch & Consulting dilakukan pada 25-30 November 2023 terhadap 1200 orang mewakili semua provinsi. Sementara, metode survei adalah multistage random sampling, dengan margin of error  kurang lebih 2,89 persen dan pada tingkat kepercayaan 95 persen. (kis/fg)

 

BACA JUGA:  Dua Partai Politik Non Blok Dukung Capres-Cawapres Pilpres 2024

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button