PILKADA 2024POLITIK

Sebagai Pendatang Baru di Pilkada Mabar, Mario Pranda Raih Elektabilitas Mendekati Incumbent Berdasarkan Survei Charta Politika

Hasil survei Charta Politika, nama Mario Pranda mendekati elektabilitas Bupati Edistasius Endi

FLORESGENUINE.com – Elektabilitas bakal calon Bupati Manggarai Barat (Mabar) tahun 2024, Christo Mario Y Pranda sebagai pendatang baru berada di posisi urutan kedua berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh lembaga survei Charta Politika periode survei 2-11 Mei 2024 lalu.

Sementara Bupati Edistasius Endi sebagai Bupati Mabar incumbent berada pada posisi pertama. Mario Pranda walaupun sebagai pendatang baru dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) Mabar. Namun, ia mampu bersaing dengan Bupati Edistasius Endi soal elektabilitas.

Pada hasil survei yang dilaksanakan Charta Politika itu berdasarkan yang diterima oleh media ini pada Minggu (16/6/2024). Charta Politika mengajukan pertanyaan kepada responden yaitu seandainya Pilkada Manggarai Barat dilaksanakan hari ini, siapakah yang akan bapak-ibu-saudara pilih sebagai Bupati Manggarai Barat untuk lima tahun yang akan datang dari nama-nama dibawah ini?.

BACA JUGA:  Fransiskus Teguh : Komodo Travel Mart, Ajang Campaign Green Action

Berdasarkan hasil jawaban dari responden tersebut, diperoleh hasil dari simulasi 5 nama, posisi Edistasius Endi berada pada posisi pertama dengan meraih 56,8%, kemudian dilanjut oleh Chirstio Mario Y. Pranda meraih 30,0%.

Selanjutnya, Agustinus Arifin peroleh 2,8%, kemudian Bernadus Barat Daya meraih 2.3%, dan Ignasius Charles Angliwarman mendapatkan 0,3% dan sisanya 8,0% tidak tahu (TT) atau tidak menjawab (TJ).

Dan dalam survei yang sama dengan simulasi 3 nama, Edistasius Endi unggul dengan perolehan 50,5%,  kemudian disusul oleh Christo Mario Y. Pranda dengan perolehan 36,3%, selanjutnya disusul Agustinus Arifin dengan meraih 2,8% dan Bernadus Barat Daya mendapat 2,5%, kemudian sisa 8,0% tidak tahu atau tidak jawab.

Untuk diketahui, Mario Pranda merupakan politisi partai Demokrat dengan posisi jabatan di Dewan Pengurus Cabang (DPC) Demokrat Mabar sebagai Sekretaris.

BACA JUGA:  Ketua PBB Mabar Ali Sehidun: Mario Pranda Lanjut Estafet Kepemimpinan (alm) Fidelis Pranda

Ia juga merupakan salah satu anggota DPRD Mabar periode 2024-2029 berdasarkan hasil pemilu 14 Februari 2024 lalu, dan ia meraih suara 4.650.

Mario Pranda telah mencetak sebuah sejarah baru dalam pemilihan legislatif di Kabupaten Mabar sebagai suara perorangan paling tertinggi dari seluruh wilayah daerah pemilihan (dapil) di Mabar. ***

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button