PILKADA 2024POLITIK

Mario Pranda Maju Pilkada Mabar 2024, Rikar Jani Minta Cari Kursi Tambahan

Rikardus Jani minta kader yang maju, bangun Koalisi partai lainnya

FLORESGENUINE.com – Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Christo Mario Y Pranda biasa di panggil Mario secara resmi telah melakukan pendaftaran.

Pengajuan berkas pendaftaran Mario di Satuan Tugas (Satgas) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) partai Demokrat Mabar berlangsung pada Jumat, 19 April 2024 lalu.

Mario juga merupakan kader Demokrat yang memperoleh suara terbanyak dari semua calon legislatif (caleg) pada pemilihan legislatif 14 Februari 2024 lalu di Kabupaten Mabar, dengan perolehan suara 4.650.

“Pak Mario adalah kader kita. Beliau (Mario) sudah mendaftar di sini,” ujar Rikardus Jani kerap disapa

Jika merujuk pada pemilihan legislatif tahun 2024 di Kabupaten Mabar, partai Demokrat besutan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memperoleh 4 kursi dan mendapatkan salah satu pimpinan di DPRD.

Terkait hal itu berdasarkan undang-undang, persyaratan untuk maju sebagai calon Bupati-Wakil Bupati harus diusung dengan total 6 kursi. Sementara, peroleh kursi partai Demokrat hanya mendapat 4 kursi. Tentu dengan perolehan kursi ini,  partai Demokrat kurang 2 kursi jika ajukan pendaftaran maju calon Bupati-Wakil Bupati.

Mengingat dengan persyaratan itu, Rikardus Jani selaku Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) partai Demokrat Mabar ingatkan kader yang maju pada Pilkada untuk bangun komunikasi dengan partai lain agar memenuhi persyaratan.

BACA JUGA:  Alasan Gusti Arifin Maju Pilkada Manggarai Barat Tahun 2024

“Kita hanya empat kursi. Inikan sangat tergantung dari kemampuan kader kita, Pak Mario untuk mencari tambahan,” ujar Rikar Jani kerap di sapa

“Kalau misalkan kita ngotot, Pak Mario pada akhir nya tidak ada partai yang mau berkoalisi?,” ujar nya dengan nada bertanya

Karena, tambahnya, matematika politik Manggarai Barat kita empat tambah nol (4+0) sama dengan nol (0). Jadi begitu. Empat tambah dua (4+2) sama dengan enam (6).

“Jadi tidak ada gunanya kursi itu kalau tidak ada tambahannya. 4 itu akan menjadi sia-sia,” papar nya

Soal optimis atau tidak nya partai Demokrat Mabar mendukung Mario pada perhelatan Pilkada ini, Rikar katakan, kalau kita kan optimis.

BACA JUGA:  2 Orang Balon Bupati Mabar Tahun 2024 Terima Surat Rekomendasi dari Partai Hanura

“Masalahnya kan kalau untuk mencari kursi tambahan itu sangat tergantung dari kader itu sendiri. Dari kandidat. Karena ada konsekuensi lain, yang tidak bisa saya ceritakan disini.” tutup nya. (ah/fg)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button