PILKADA 2024POLITIK

Partai Golkar Gandeng Lembaga Charta Politika untuk Survei Bakal Calon Kepala Daerah, Biaya Ditanggung Kandidat

Ketua DPD 2 Partai Golkar Mabar, Rofinus mengatakan partai Golkar bangun kontrak kerjasama dengan Lembaga Charta Politika

FLORESGENUINE.com – Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II partai Golkar Manggarai Barat, Rofinus Rahmat berdasarkan hasil pantauan nya menjelaskan, pasca Pemilu 14 Februari 2024 lalu, publik Manggarai Barat sudah mulai mendiskusikan kira-kira siapa tokoh atau figur yang punya kemampuan untuk bisa mengikuti kontestasi Pilkada Manggarai Barat 2024.

“Kami partai Golkar Manggarai Barat sejak pasca Pemilu 14 Februari kemarin selalu memantau, selalu memonitor dinamika diruang diskusi publik Manggarai Barat. Baik melalui media maya maupun dunia nyata,” ujar Rofinus, Senin 13 Mei 2024 siang di Sekretariat partai Golkar Manggarai Barat (Mabar).

Pasca survei (pantauan), tambahnya, dari nama-nama yang muncul diskusi publik, kami pihak partai Golkar menyimpulkan bahwa, inilah nama-nama yang muncul didiskusikan publik Manggarai Barat yang maraknya mereka (kandidat) punya serius untuk mencalonkan dirinya menjadi calon kepala daerah Manggarai Barat.

“Lalu tahapan selanjutnya, kami mengirimkan formulir persyaratan partai Golkar kepada nama-nama yang muncul didiskusikan publik, yang menurut kami serius. Bahwa orang-orang ini siap untuk mencalonkan diri, bukan hanya serius di dunia maya, tapi kami juga memantau bahwa nama-nama ini memang sudah muncul di pergerakan nya di dunia nyata dan ikut mendaftar di beberapa partai politik,” jelas orang nomor satu di Golkar Mabar itu

BACA JUGA:  Nama Politisi Gerindra, Kanis Jehabut Masuk Pra Survei Golkar Manggarai Barat

Lebih lanjut dia jelaskan, sehingga kami (Golkar Mabar) tidak melakukan pendaftaran secara terbuka. Mungkin beda dengan partai-partai lain. Mereka mengumumkan di media bahkan dilakukan pendaftaran secara terbuka. Kami istilah nya pendaftaran terbatas.

“Kami cermati betul, bahwa inilah nama-nama yang didiskusikan oleh publik dan tingkat keseriusan nya memang berbeda, tergambar dari pergerakannya. Makanya kami mengirim kan formulir persyaratan yang ada didalam mekanisme partai Golkar Manggarai Barat,” jelasnya

Menurut Rofinus, formulir yang telah dikirimkan partai Golkar kepada figur-figur yang menurut mereka adalah santer didiskusikan diruang publik bahkan gencar berseliweran di media sosial, boleh mengembalikan berkas itu secara langsung atau bisa diserahkan lewat orang yang dipercayakan. Semua dinilai sama, sepanjang berkas-berkas itu lengkap sesuai dengan mekanisme yang ada didalam partai Golkar.

BACA JUGA:  Edi-Weng Datang di PDI-P Mabar Ingin Mengetuk Pintu Hati

“Lanjutnya adalah, dokumen-dokumen yang sudah kami terima dari kandidat yang sudah mendaftar di partai Golkar akan kami kirimkan ke provinsi. Dan provinsi teruskan ke lembaga Charta Politika untuk nama-nama ini yang mendaftar di partai Golkar Manggarai Barat akan disurvei,” jelas Rofinus

Dia juga mengatakan, sebelum proses ini dimulai, DPP partai Golkar sudah bangun kontrak kerjasama dengan lembaga Charta Politika. Semua kabupaten-provinsi yang akan melaksanakan Pilkada serentak di tahun 2024 ini. Pihak Golkar mengandeng lembaga survei untuk melakukan survei terhadap figur-figur yang akan maju pilkada.

Menurut Rofinus, figur-figur yang mendaftar di partai Golkar wajib hukumnya memberikan kontribusi pembiayaan survei sebesar 160 juta dan diserahkan kepada pihak lembaga Charta Politika. Rincian pembiayaan itu, bukan hanya untuk satu figur, tapi angka itu adalah total pembiayaan survei satu kabupaten.

BACA JUGA:  Melki Laka Lena : Pasangan Prabowo - Gibran Berpotensi Menang Besar di NTT

160 juta ini menurut dia, dibagi kepada berapa banyak yang mendaftar di partai Golkar. Misalkan, total yang mendaftar di partai Golkar ada 5 kandidat, berarti ke-5 orang ini yang akan menanggung biaya survei dengan total 160 juta.

“Dan kewajiban hasil bagi 160 juta ini, masing-masing bakal calon ini dikirim langsung ke lembaga Charta Politika. Setelah berkas nya diterima oleh mereka dan kewajiban kontribusi nya sudah diterima oleh mereka, mereka pasti jadwalkan untuk turun survei di Manggarai Barat,” jelas anggota DPRD Mabar hasil pemilihan legislatif 14 Februari 2024 lalu itu. (ah/fg)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button