EDUKASI

Lantik Pengurus OSIS SMPN 3 Wulanggitang, Kris Punang: Jadilah Pemimpin Pembelajar

FLORESGENUINE.com- Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang diperingati setiap tanggal 2 Mei, tidak hanya dirayakan sebagai rutinitas belaka. Bertepatan dengan peringatan Hardiknas yang ke 77 tahun 2024 ini, SMPN 3 Wulanggitang, di Kabupaten Flores Timur (Flotim), Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), diisi dengan pelantikan pengurus OSIS SMPN 3 Wulanggitang periode 2024.

Para pengurus OSIS SMPN 3 Wulanggitang dilantik oleh Kepala SMPN 3 Wulanggitang Kristina Sabu Punang, S.Pd. Acara pelantikan ini dipadu dengan upacara bendera memperingati Hari Pendidikan Nasional tingakat SMPN 3 Wulanggitang yang digelar di lapangan olahraga multifungsi Spentig Hewa, Desa Hewa, Kecamatan Wulanggitang, Kamis (2/4/2024).

Jumlah pengurus OSIS yang dilantik sebanyak 29 orang dengan komposisi kepengurusan sebagai berikut : Ketua: Maria Ifonia Buran Leba, Wakil Ketua: Mikaela Sili Uran, Sekretaris 1: Yohana Antilda Aran, Sekretaris 2: Paskalia Sili Hera, Bendahara 1: Yosefina Jedo Wolor, Bendahara 2: Maria Avila Morena Liwu. Selain pengurus, juga ada beberapa seksi yang dibentuk antara lain seksi kerohanian, seksi keamanan, seksi kebersihan, seksi kesehatan, seksi olahraga masing-masing terdiri dari ketua dan anggota.

Mengenakan pakaian putih-putih, para pengurus OSIS berbaris rapih menuju ke tengah lapangan upacara ketika pembawa acara meminta mereka memasuki arena pelantikan. Sebelum melakukan pelantikan, Kepala SMPN 3 Wulanggitang meminta kesediaan pengurus OSIS untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh kepala sekolah.

BACA JUGA:  Gunung Api Lewotobi Laki Laki Kembali Erupsi, Masyarakat Diminta Waspada

“Sebelum melantik kalian menjadi pengurus OSIS, perkenankan saya mengajukan pertanyaan kepada kalian. Bersediakah kalian menjadi pengurus OSIS SMPN 3 Wulanggitang periode tahun 2024?” tanya Kris Punang.

Para pengurus OSIS pun menjawab serentak bahwa mereka bersedia. Setelah pengurus OSIS menyatakan kesediaan, Kasek Kris Punang meminta para pengurus untuk berjanji dengan mengulangi kata-kata yang diungkapkan oleh kepala sekolah. Adapun kata-kata sebagai berikut :

“Saya sebagai pengurus OSIS SMPN 3 Wulanggitang periode tahun 2024 dengan ini berjanji untuk menjalankan kewajiban sebagai pengurus OSIS, meluangkan waktu, pikiran dan tenaga untuk kepentingan OSIS, menjadi teladan bagi siswa lain dalam sikap, perkataan, dan perbuatan,” ungkap Kris Punang yang diulangi secara serentak oleh para pengurus OSIS.

Usai mengucapkan janji, pengurus OSIS dilantik oleh Kepala SMPN 3 Wulanggitang. Acara dilanjutkan dengan pembasuhan kepala para pengurus OSIS dengan air pancuran melalui bambu. Dengan membasahi kepala sebagai symbol bahwa mereka secara resmi telah menjadi pengurus OSIS SMPN 3 Wulanggitang periode tahun 2024.

BACA JUGA:  Pesona Kawaliwu, Potensi Pariwisata dan Pertanian Lahan Kering

Acara pengukuhan pengurus OSIS dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan dan serah terima jabatan. Penyerahan jabatan dilakukan secara simbolis berupa penyerahan bendera OSIS dari Ketua OSIS lama Wilhelmina Lumi Puka kepada Kepala SMPN 3 Wulanggitang. Bendera OSIS tersebut kemudian diserahkan kepada Ketua OSIS yang baru yaitu Maria I. Buran Leba.

Kepala SMPN 3 Wulanggitang, Kristina Sabu Punang dalam sambutan meminta pengurus OSIS yang baru dilantik agar menjadi pemimpin pembelajar dalam menggerakkan siswa SMPN 3 Wulanggitang dengan menjalankan semua program kerja OSIS dan mentaati tata tertib sekolah.

“Hari ini anda semua telah dilantik sebagai pengurus OSIS. Itu artinya, anda menjadi pemimpin pembelajar. Menjadi pemimpin pembelajar berarti anda harus menjadi teladan dan rela berkorban,” tandas Kris Punang.

Ketua OSIS SMPN 3 Wulanggitang, Maria Ifonia Buran Leba mengucapkan terima kasih kepada Kepala SMPN 3 Wulanggitang yang telah melantik pengurus OSIS yang baru. Ia juga memohon dukungan dari kepala sekolah, para ibu dan bapak guru serta teman-teman agar pengurus OSIS yang baru dilantik dapat menjalankan tugas dengan baik.

BACA JUGA:  Pemerintah Rencana Bangun Jembatan Pancasila Palmerah Larantuka–Adonara

Sementara itu, Yohanes P. Talu Kabelen, S.Pd selaku pembina OSIS mengatakan bahwa pelantikan pengurus OSIS pada moment Hari Pendidikan Nasional menunjukkan bahwa pendidikan merupakan wadah untuk mempersiapkan pemimpin.

“Di sekolah, anak-anak tidak hanya belajar materi pelajaran tetapi juga mengasah jiwa kepemimpinan. Melalui OSIS inilah anak-anak belajar menjadi seorang pemimpin,” ujar Yon Kabelen.

Acara pelantikan dan peringatan Hardiknas kali ini diisi pula dengan makan siang bersama. Para siswa dan guru duduk berjejer di teras kelas.  Di atas lantai dibentangkan daun pisang sebagai wadah untuk menyimpan makanan berupa ketupat, ubi, nasi, ikan bakar, rumpu rampe yang disiapkan oleh para siswa untuk santap siang bersama. Peringatan Hardiknas ditutup dengan menari bersama.

Untuk diketahui, sebelumnya, ketua dan wakil ketua OSIS SMPN 3 Wulanggitang periode tahun 2024 telah dipilih secara demokratis pada Sabtu (22/3/2024). Dalam pemilihan itu, terdapat dua pasangan calon yang ikut bertarung.

Saat penghitungan suara, pasangan Maria I. Buran Leba – Mikaela Sili Uran dinyatakan terpilih menjadi Ketua dan Wakil Ketua OSIS periode 2024 mengalahkan pasangan Yohana Antilda Aran – Paskalia Sili Hera. [gka/fg]

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button