PARIWISATA

Jelajah Pesona Wisata Petualangan Pantai Paheng Waq

FLORESGENUINE.com- Pantai Belutowe dan Pantai Paheng Waq adalah dua destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam pantai yang sungguh menakjubkan. Kedua pantai ini dipisahkan oleh Tanjung Belutewan yang sangat gersang jika memasuki musim panas.

Pantai Paheng Waq dan Belutewan merupakan kawasan pantai yang terkenal dengan butiran pasirnya yang putih kemailau saat terpapar matahari. Membentang mengikuti lengkungan pantai yang menawarkan keindahan yang tiada tara.

Pantai Paheng Waq di ujung timur menawarkan pemandangan alam yang mempesona. Sangat baik babi mereka yang punya hobi berjemur, snorkeling atau diving. Selain terkenal dengan pantainya yang indah menawan, di kawasan perairan Paheng Waq terdapat tiga pulau kecil yang terbentuk oleh bebatuan karang yang mempesona.

BACA JUGA:  Pesona Kawaliwu, Potensi Pariwisata dan Pertanian Lahan Kering

Tiga pulau mungil tersebut tampak berdiri sejajar yang saban hari diterpah gelombang laut selatan yang terkenal dasyat. Pada musim angin tenggara, demikian orang menyebutnya,  kawasan Paheng Waq dan Belutewan kerap dihantam oleh gelombang laut yang keras dengan ketinggian mencapai beberapa meter. Bagi mereka yang menyukai olahraga air, kondisi ini tentu sangat menarik bagi para peselancar.

Untuk mencapai Pantai Paheng Waq dan Belutowe, wisatawan dapat memilih melewati tiga jalur perjalanan darat, yakni melalui Kampung Peumole, di Desa Benihading II, Kampung Waq Lupang atau Kampung Waqkio di Desa Panama. Kondisi di ketiga jalur jalan ini relatif baik dan dapat dilewati oleh kendaraan roda dua maupun roda empat.

Spot wisata berpasir putih dangan panorama alam yang indah ini berada di wilayah paling timur Pulau Lembata. Warga lokal menamakan kawasan tersebut Paheng Waq yang dalam bahasa Kedang artinya batu tancap atau batu yang tertancap.

Wisata pantai Paheng Waq yang menawarkan keindahan dengan tiga pulau mungil terbentuk oleh bebatuan cadas. (Foto : Kornelis Rahalaka/Floresgenuine)

Para wisatawan yang hendak berwisata ke Paheng Waq dan Belutowe harus menempuh perjalanan darat dari Lewoleba, Ibu Kota Kabupaten Lembata dengan waktu tempuh berkisar antara 2 – 3 jam perjalanan.

BACA JUGA:  Kisah Turis Spanyol, antara Impian dan Kenyataan

Di sepanjang jalur perjalanan dari Lewoleba, wisatawan dapat singgah di beberapa destinasi wisata pantai seperti Pantai Nuhanera, Pantai Lewolein, Pantai Weilolon dan Pantai Balauring. Para pengunjung akan disuguhi pula pemandangan alam berupa padang savanna yang luas hingga melewati perkebunan warga.

Pada era kepemimpinan Bupati Yance Sunur dan Wakil Bupati Thomas Ola Langoday, jalan menuju kawasan Paheng Waq dibuka dan diaspal. Pada musim panas, khususnya pada hari libur, banyak wisatawan berkunjung ke pantai indah ini.

Pantai berpasir putih membentang sepanjang kurang lebih 5 kilometer ini menawarkan keindahan yang tiada tara. Maklum, bukan hanya pantainya yang indah tetapi alam bawah lautnya yang mempesona. Terdapat keanekaragaman biota laut dan terumbu karang masih terpelihara dengan baik.

BACA JUGA:  Dusit Internasional dan Eiger Indonesia Tandatangani MoU Komitmen Investasi di Parapuar

Selain menikmati keindahan alam pantai, para wisatawan akan disuguhi pula pemandangan alam gugusan perbukitan hijau di musim hujan dan akan berubah menjadi gersang di kala musim panas tiba. [Kornelis Rahalaka]

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button