EDUKASI

Unika Ruteng Gelar Program Penelitian Pemetaan Kuantitas dan Kualitas Guru

FLORESGENUINE.com– Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (PKO) Manggarai Barat (Mabar) bekerjasama dengan Universitas Katolik (Unika) St, Paulus Ruteng menggelar penelitian kuantitas dan kualitas guru satuan TK dan pendidikan dasar (SD dan SMP).

Program penelitian ini melibatkan para guru dan tenaga kependidikan SDI Labe Racang Dali, Kecamatan Welak, Kabupaten Manggarai Barat yang berlangsung di SDI Labe Racang Dali, Rabu (22/11/2023). Kegiatan ini antara lain dilakukan pengisian kuesioner penelitian.

Kepala SDU Labe Racang Dali, Benediktus Syukur, S.Pd mengapresiasi dan mendukung penuh program penelitian pemetaan kuantitas dan kualitas guru satuan TK dan Pendidikan Dasar (SD dan SMP) yang diselenggarakan oleh Dinas PKO Kabupaten Manggarai Barat dan Unika Santu Paulus Ruteng.

BACA JUGA:  Media Sosial Bisa Menjerumuskan pada Kebiasaan Buruk

“Kami apresiasi program ini dan juga berterima kasih atas kehadiran para peneliti untuk pengambilan data penelitian dimaksud,” ujarnya.

Dia menjelaskan, program penelitian ini bertujuan untuk membantu pembangunan dan pengembangan pendidikan di Manggarai Barat. Kegiatan ini adalah wujud kerja sama antara Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Manggarai Barat dengan Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng.

Program kerja sama penelitian ini tertuang dalam surat bernomor 01.PPK.PKO/Swakelola/VI/2023 dan Nomor 249/USP/DO1.1/PKS/6/2023. Sementara itu, proses pengambilan data penelitian di lapangan berdasarkan surat Pemberitahuan Dinas PKO Kabupaten Manggarai Barat bernomor 1762/PKO/Pem.KTG/800/XI/2023.

Sementara itu, Fasilitator Penelitian, Bernardus Tube Beding, M.Pd mengapresiasi dan berterima kasih kepada civitas SDI Labe Racang Dali, Kecamatan Welak yang telah terlibat aktif dalam program penelitian ini.

BACA JUGA:  Memberdayakan Komunitas, Mewujudkan Transformasi Sosial

“Saya berterima kasih kepada keluarga besar civitas SDI Labe Racang Dali yang sangat antusias menerima dan merespon kegiatan penelitian ini,” ungkap dosen asal Lembata itu.

Tercatat, sebanyak 12 guru dan Kepala sekolah (Kepsek) menjadi responden dalam penelitian ini. SDI Labe Racang Dali di Kecamatan Welak, Kabupaten Manggarai sendiri merupakan salah satu sekolah yang memiliki ekosistem pendidikan yang berdayaguna.

Hal positif yang dimiliki oleh sekolah ini yakni semua guru tinggal di dalam lingkungan sekolah, sehingga sangat mendukung fungsi kontrol dan proses pendidikan berjalan lebih efektif dan efisien. Menurut Kepsek Benediktus, rumah penginapan bagi para guru merupakan bentuk dukungan dari orang tua siswa.

BACA JUGA:  81 Lulusan Prodi Kebidanan Ikrarkan Sumpah Bidan

“Kami sangat berterima kasih kepada orang tua siswa dalam wadah komite yang selalu mendukung dan responsif terhadap program-program di sekolah ini,” ungkap Benediktus menerangkan. [ben/fg]

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button