LINGKUNGAN HIDUP

Presiden Jokowi : Tanam Pohon untuk Atasi Perubahan Iklim

FLORESGENUINE.com– Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerja hari kedua di Labuan Bajo, Flores, berkesempatan melakukan penanaman pohon di Embung Anak Wae Munting dalam bilangan kawasan Golo Mori, Kecamatan Komodo, Selasa (5/12/2023).

Presiden Jokowi mengatakan bahwa penanaman pohon merupakan salah satu upaya untuk mengatasi perubahan iklim global. Dia menyampaikan, jenis tanaman yang ditanam cukup beragam, baik tanaman estetika ataupun nonestetika. Beberapa jenis pohon yang ditanam tergolong tanaman endemik seperti munting, bodhi, tabebuya, mulih dan ketapang.

Dia menyebutkan, saat ini telah tersebar sejumlah pusat persemaian di Indonesia yang mampu memproduksi bibit-bibit pohon untuk ditanam. Beberapa wilayah persemaian benih yaitu persemaian Rumpin yang dapat memproduksi 6 juta bibit serta persemaian di Labuan Bajo yang memproduksi sekitar 5 juta bibit.

BACA JUGA:  Presiden Jokowi Main Bola Bersama Warga Batu Cermin

Selain itu, terdapat persemaian Mangrove di Bali yang mencapai 6 juta bibit, persemaian Mentawir yang mencapai 15 juta bibit. Presiden optimis, negara  Indonesia akan betul-betul hijau dan dapat menjadi paru-paru dunia. [kis/fg]

 

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button