MILENIAL

Orang Muda Katolik, Pilar Utama dan Pioner Perubahan Sosial

FLORESGENUINE.com- Orang Muda Katolik (OMK) merupakan salah satu pilar utama Gereja dan pioneer Gereja Katolik masa kini. Peran pemuda dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia sangatlah besar di mana pemuda juga ikut memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Kehadiran orang muda juga sebagai kreator dan moderator budaya.

Penjabat Bupati Lembata, Paskalis Ola Tapo Bali mengatakan ini saat membuka pekan OMK Paroki St. Petrus dan Paulus Lamalera yang berlangsung di Desa Lusiduawutun, Kecamatan Nagawutung, Kabupaten Lembata, Rabu (19/6/2024).

Menurut Pj. Bupati Tapo Bali, pemuda merupakan pilar utama Gereja. Orang muda memiliki potensi yang sangat besar untuk kemajuan sebuah bangsa dan Negara. Pemuda merupakan garda terdepan untuk pembangunan sebuah daerah atau dan kemajuan gereja. Pemuda juga sebagai change agent atau agen perubahan terhadap Gereja dan pembangunan suatu daerah.

BACA JUGA:  Kabupaten Lembata Kekurangan Dokter Spesialis Kandungan

Untuk itu, ia mengimbau OMK agar terus mengembangkan diri dengan berlatih dan memperbaiki diri serta menggali potensi diri untuk membawa perubahan social ke arah yang lebih baik. Dia menyebutkan ada lima komponen yang perlu bekerjasama yakni pemerintah, akademisi, pelaku usaha, komunitas dan media.

Menurut dia, peran komunitas di dalam pendekatan pentahelix adalah sebagai akselerator maupun mediator. Di sini OMK berperan sebagai kreator dan moderator yang memiliki kekuatan besar dan dasyat untuk melakukan perubahan.

Pakan OMK akan berlangsung selama 4 hari dan diikuti oleh 8 stasi yang ada di wilayah Paroki St. Petrus dan Paulus Lamalera. Ada pun rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam event ini antara lain konseling, sepak bola, bola voli dan paduan suara. [kia/fg]

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button