NUSANTARA

Mendapatkan Opini WTP, Ketua DPRD Apresiasi Kinerja Pemerintah Manggarai Barat

FLORESGENUINE.com– Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) kembali mendapatkan penilaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPKP) Propinsi NTT.

Ketua DPRD Manggarai Barat, Martin Mitar mengapresiasi kinerja pemerintah atas opini WTP yang diberikan oleh BPKP Propinsi NTT terkait kinerja pemerintah terutama laporan pengelolaan keuangan Negara.

Martin Mitar menyampaikan ini saat menutup masa sidang I DPRD Manggarai Barat Tahun 2024 yang digelar di ruang sidang utama DPRD Mabar, Selasa (30/4.2024).

Dia menyatakan atas nama masyarakat dan anggota DPRD menyampaikan profisiat atas opini WTP yang diperoleh pemerintah Mabar. Martin menyebut, standar pemeriksaan keuangan negara mencakup empat kriteria utama yakni pertama, kesesuaian dengan standar akuntasi pemerintahan. Kedua, kecukupan pengungkapan. Ketiga, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan. Keempat, efektivitas sistem pengendalian intern.

BACA JUGA:  Konsep Pembangunan Pariwisata di IKN, Adopsi Wisata Labuan Bajo

“BPKP Provinsi  mengeluarkan opini wajar tanpa pengecualian, berarti kinerja pengaturan pengelolaan keuangan pemerintahan Kabupaten Manggarai Barat dalam berbagai kerja-kerja programatik yang dilakukkannya dibidang urusan desentralisasi telah sesuai yang ditetapkan oleh peraturan perundang-undangan keuangan,”jelas dia.

Menurut dia, capaian opini WTP membuktikan bahwa kinerja adiministrasi keuangan pemerintahan Manggarai Barat selama ini baik. Sebagai mitra kerja pemerintah, ia menyatakan bahwa dalam kerangka pemerintahan daerah yang ditetapkan oleh UU No. 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah maka sudah layak dan pantas diberikan apresiasi dan proficiat.

Selain prestasi yang diraih oleh pemerintah Manggarai Barat, Ketua DPRD mengakui bahwa masih banyak kekurangan sehingga membutuhkan perbaikan ke depan melalui siding-sidang di DPRD.

BACA JUGA:  KM Umsini Terbakar di Pelabuhan Makassar, Ribuan Penumpang Dialihkan

“Semua akan menjadi masukan yang konstruktif agar demokrasi-represenatif-parlemen  semakin matang dan terus menjadi pemecah masalah dalam bentuk kebijakan-kebijakan yang pro-rakyat” ujarnya.

Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi mengatakan, WTP diraih oleh pemerintah Manggarai Barat mencerminkan  adanya kerja keras dan sinergitas yang tinggi di setiap unsur pemerintahan.

“Tanpa koordinasi dan kerja sama yang terjalin baik, kita tidak akan mampu menjalankan roda pemerintahan dengan baik,”ujarnya.

Bupati Endi menyatakan, semua yang dikerjakan oleh pemerintah bermuara pada harapan akan terwujudnya kondisi masarakat yang semakin baik. Dia juga menyebutkan sejumlah agenda yang akan dilakukan pada masa sidang I tahun 2024 yakni reses di tiga wilayah pemilihan, kunjungan kerja dan monitoring, penyampaian nota pengantar LKPJ Bupati Manggarai Barat serta pembahasan dan penyampaian rekomendasi DPRD terhadap LKPJ Bupati Manggarai Barat Tahun 2023 sesuai mekanisme dan ketentuan perundang undangan. [mas/fg]

BACA JUGA:  Komunitas GGD Flotim Bantu Korban Erupsi Gunung Lewotobi

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button