LINGKUNGAN HIDUP

Hari Buruh Intenational, Komunitas Audio Lembata Tanam Pohon di Pantai Mingar

FLORESGENUINE.com– Hari buruh internasional atau international may day diperingati secara beragam oleh para buruh di seluruh dunia. Tak ketinggalan, hari  buruh internasional yang diperingati setiap  tanggal 1 Mei itu juga diperingati oleh anggota Komunitas Audio Lembata yang bergelut dibidang sound sistem.

Komunitas Audio Lembata yang bergerak dibidang penyediaan sound system ini merayakan hari buruh yakni dengan menanam pohon bersama di Pantai Mingar yang merupakan salah satu kawasan wisata pantai terkenal di Kabupaten Lembata.

Kegiatan penanaman pohon yang dilakukan pada Senin (1/5/2024) ini sekaligus sebagai bentuk kepedulian komunitas terhadap kelestarian lingkungan hidup alam dan untuk mengatasi pemanasan global.

Koordinator aksi penanaman pohon, Stefanus Emanuel Nuba Purek menjelaskan, aksi penanaman pohon merupakan wujud kepedulian terhadap lingkungan pantai di tengah perubahan iklim yang tak tentu.

BACA JUGA:  Kawasan Tobotani dan Paheng Waq, Kaya Potensi Miskin Perhatian

Dia berkata Pantai Mingar merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang sering dikunjungi oleh para wisatawan. Karena itu, kegiatan penanaman pohon di lokasi wisata sebagai wujud kepedulian terhadap kelestarian alam dan lingkungan pantai agar terhindar dari bahaya abrasi, bajir rob dan erosi.

Melalui penanaman pohon dapat memberikan manfaat bagi lingkungan di masa mendatang, baik dari aspek konservasi lingkungan, pengembangan ekowisata dan upaya pelestarian ekosistem pantai serta merehabilitasi kembali lahan-lahan di  pesisir pantai tersebut.

Sementara itu, Fransiskus, seorang anggota mengatakan, kegiatan ini sangat positif dan kiranya terus dilakukan di masa mendatang demi menjaga agar ekosistem laut dan lingkungan pantai tetap lestari dan terjaga dengan baik.

BACA JUGA:  Dampak Pemanasan Global dan Perubahan Iklim Menghantui Asia

“Saya berharap, kegiatan ini dapat menumbuhkan kesadaran semua pihak agar bergerak bersama dan peduli untuk melestarikan ekosistem pantai,” ujarnya.

Senada diungkapkan Kepala Desa (Kades) Pasir Putih Wenseslaus Bala Papang. Kades Wens mengapresiasi komunitas yang telah dengan sukarela mengadakan pelaksanaan kegiatan penanaman pohon di kawasan ini.

“Selaku pimpinan Desa Pasir Putih, saya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Komunitas Audio Lembata atas terselenggaranya kegiatan ini. Desa Pasir Putih yang memiliki garis pantai, mestinya dijaga dari bahaya abrasi melalui penanaman pohon,” ujarnya.

Ia berharap, kegiatan  serupa terus dilakukan di wilayah ini. Ia juga mengundang Komunitas Audio Lembata untuk turut mengambil bagian dalam kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) Desa Pasir Putih yang akan diperingati pada tanggal 26 Juli 2024.

BACA JUGA:  Bumi Bukan Milik Manusia, Manusialah Milik Bumi

“Saya juga mengundang Komunitas Audio Lembat untuk bersama kita merayakan hari ulang tahun Desa Pasir Putih yang jatu pada tanggal 26 Juli 2024,”ajak dia. [Frans Rahalaka]

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button