NEWS

Jalan Nggorang – Tana Dereng Rusak Parah, Warga Minta Pemda Segera Perbaiki

FLORESGENUINE.com – Jalur  jalan yang menghubungkan Desa Nggorang dan Desa Macang Tanggar, dalam bilangan poros selatan Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) dalam kondisi rusak parah.

Padahal, ruas jalan tersebut merupakan jalur utama menuju ke kawasan ekonomi paling penting di wilayah ini. Sebut saja, daerah pertanian Tanah Dereng, Satar Walang, Handel dan Tuak Aur merupakan kantong-kantong ekonomi penting bagi masyarakat. Selain itu, kawasan ini pula merupakan pemasok utama bahan material galian untuk pembangunan.

Pantauan Floresgenuine, Rabu (19/6/2024),  saban hari jalur jalan tersebut sangat ramai dilalui oleh kendaraan, baik angkutan pedesaan maupun pengangkut bahan material untuk pembangunan. Namun, sebagian jalan mengalami kerusakan parah sehingga menghambat arus lalu lintas di wilayah ini.

BACA JUGA:  Tumbukan Semangat Karakter Anak, Dinas PKO Mabar Gelar LPI
Jalaur jalan Nggorang-Tana Dereng yang saban hari dilalui oleh Kendaraan kengangkut material (foto : Kornelis Rahalaka/Floresgenuine)

Sebagian besar jalan beraspal sudah hancur selain tergerus banjir juga akibat lalu lalang kendaraan bermuatan berat.

“ Kami minta pemerintah daerah segera memperbaiki jalan ini. Sebagian jalan sudah rusak parah karena sering dilalui kendaraan berat. Apalagi jika musim hujan, jalan ini sulit dilalui oleh kendaraan,” ujar Hendrikus, warga Kampung Handel.

Kerusakan jalan juga terdapat di jalur Kampung Lemes menuju Mbuhung, Translok menuju Weor, Tanah dereng menuju Satar Walang dan Merombok. Padahal, kawasan-kawasan tersebut merupakan kawasan pertanian sekaligus pemasok pangan guna memenuhi kebutuhan masyarakat desa dan warga kota Labuan Bajo. [kis/fg]

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button