PARIWISATA

Rekomendasi Rakornas Lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas

Floresgenuine.com- Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) lima Destinasi Pariwisata
Super Prioritas (DPSP) Semester II tahun 2023 yang berlangsung di Golo Mori Convention Center GMCC, Rabu, (6/12/2023) melahirkan beberapa rekomendasi demi akselerasi pengembangan pariwisata Indonesia.

Pertama, saat ini, pariwisata masih dalam fase pemulihan. Oleh karena itu, kita harus terus memperkuatkolaborasi,komitmen nyata dan kerja keras untuk mengakselerasi pengembangan lima DPSP dan sekaligus mendorong penguatan kinerja pariwisata pada 2024.

Kedua, pemerintah meyakini bahwa sektor pariwisata akan menjadi penyumbang utama devisa, sehingga dapat mengurangi ketergantungan pada sector ekstraktif pertambangan.

Ketiga, pemerintah mengajak seluruh kementerian dan lembaga serta Pemda dan pemangku kepentingan lain untuk fokus dalam mengakselerasi penyelesaian 32 tindak lanjut pengembangan lima DPSP dan penguatan kinerja pariwisata  2024.

BACA JUGA:  Tourism Information Center, Layanan Informasi Pariwisata bagi Wisatawan

Keempat, meminta agar melalui Sekber Percepatan Pengembangan Pariwisata dapat dikawal dan dipastikan seluruh tindak lanjut terlaksana dan selesai dengan memenuhi prinsip tata kelola pemerintahan yang baik.

Kelima, pemerintah menekankan empat hal penguatan kinerja pariwisata pada 2024 yaitu:

1). Kemenparekraf, KemenPPN/ Bappenas, dan Bank Indonesia untuk memastikan pencantuman tiga target pada RPJMN 2024-2029 yaitu (i) target wisnus sebanyak 1,25 – 1,5 miliar perjalanan per tahun dan wisatawan mancanegara sebanyak minimal 12 juta kunjungan, (ii) target pengeluaran wisatawan mancanegara menjadi USD 1.750/kunjungan atau USD 250/hari, dan (iii) menjadikan Indeks Pariwisata Berkualitas sebagai salah satu dasar pengukuran keberhasilan pengembangan destinasi terhadap indicator destinasi pariwisata berkualitas.

BACA JUGA:  Kemenparekraf Target 500 Ribu Kunjungan Wisatawan ke Labuan Bajo Flores

2). Kemenhub, bersama Kemenparekraf dan KemenBUMN, serta Kemendagri untuk meningkatkan utilisasi hanya 13 airport sebagai hubungan internasional sebagaimana hasil Ratas 2022, dan bagian dari pengembangan dan promosi destinasi, serta mengkaji ulang kebijakan resiprokal, air service agreement, dan fifth freedom right;

3). Kemenko Marves bersama Setneg, Kemenparekraf, Kemenkeu, Kemenkumham, dan KemenBUMN segera membentuk dasar hokum tentang Indonesia Tourism Fund guna menyediakan pembiayaan bagi event internasional di lima DPSP dan wilayah lainnya sesuai arahan Presiden sebagai strategi nasional untuk meningkatkan peranan pariwisata, utamanya event internasional, dalam pertumbuhan ekonomi;

4). Kemenko PMK bersama Kemenko Marves serta Kemenparekraf, Kemendikbud Ristek, Kemenlu dan Kemendagri untuk membuat dan menerapkan Peta Jalan SDM di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Keenam, untuk Rakornas Semester I 2024 akan digelar di Kampung Seni Borobudur di Magelang dengan agenda mendengarkan laporan atas penuntasan, minimal 95%isu
pada semester depan.

BACA JUGA:  Ketua TPPP Hanura Mabar, Domi Jenali Minta Balon Pilkada yang Maju Agar Serius

Ketujuh, pemerintah yakin, dengan melanjutkan dan memperkuat pola kolaborasi ini, sektor pariwisata beserta ekonomi kreatif dan digital dapat berkontribusi signifikan untuk mewujudkan ndonesia emas tahun 2045.[kis/fg]

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button