NEWS

Polres Mabar Kerahkan 131 Personil Amankan Perayaan Paskah di Labuan Bajo

Pada perayaan Paskah 2024, Polres Manggarai Barat turunkan 131 personil dan disebarkan di 62 gereja di Labuan Bajo

FLORESGENUNE.com-Kepolisian Resor (Polres) Manggarai Barat mengerahkan 131 personil untuk menjaga keamanan dan ketertiban saat perayaan Trihari Suci bagi umat Nasrani. Ratusan personel tersebut disebar di 62 gereja, baik itu Gereja Katholik maupun Gereja Protestan yang ada di Manggarai Barat.

Kepolisian melakukan pengamanan rangkaian ibadah Paskah sejak Rabu (20/03/2024) lalu hingga Rabu (03/04/2024) mendatang dengan sandi Operasi Semana Santa Turangga 2024.

“Perayaan Trihari Suci, yakni Kamis Putih, Jumat Agung dan Sabtu Suci atau tiga hari suci Paskah. Trihari Suci diawali dengan misa petang pada Kamis Putih, memuncak pada perayaan Malam Paskah, dan berakhir pada ibadah Sore Minggu Paskah. Total 62 gereja (termasuk kapela atau stasi), pengamanan sebanyak 131 personil,” kata Kapolres Mabar, AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M. dalam keterangannya, Labuan Bajo, Kamis (28/03/2024) siang.

BACA JUGA:  LPTQ Mabar Berharap, Utusan MTQ dari Manggarai Barat Bisa Tembus Berlaga di Tingkat Nasional Tahun 2024

Jumlah personel tersebut, sebut Alumni Akpol angkatan 2004 itu, merupakan total dari sejumlah Polsek dan Polres Manggarai Barat.

Rinciannya berdasarkan rilis yang diterima media ini, di wilayah Kota Labuan Bajo ada sebanyak 42 personil untuk 8 gereja, Kecamatan Komodo 20 personil untuk 7 gereja, Kecamatan Boleng 4 personil untuk 4 gereja, Kecamatan Sano Nggoang 7 personil untuk 6 gereja, Kecamatan Mbeliling 9 personil untuk 8 gereja, Kecamatan Pacar 6 personil untuk 2 gereja dan Kecamatan Macang Pacar 7 personil untuk 2 gereja.

Lalu, Kecamatan Lembor 11 personel untuk 9 gereja, Kecamatan Lembor Selatan 6 personel untuk 5 gereja, Kecamatan Welak 4 personel untuk 4 gereja, Kecamatan Kuwus 4 personel untuk 1 gereja, Kecamatan Kuwus Barat 7 personil untuk 2 gereja, dan Kecamatan Ndoso 4 personil untuk 2 gereja.

Menurut dia, pengamanan dilakukan untuk memberikan jaminan rasa aman dan ketenangan kepada masyarakat yang melaksanakan rangkaian ibadah Paskah.

BACA JUGA:  Tourism Information Center, Layanan Informasi Pariwisata bagi Wisatawan

“Polres Manggarai Barat kolaborasi juga bersama TNI dan stakeholder lainnya termasuk pihak pengamanan dari tempat ibadah gereja untuk mengamankan kelancaran beribadah,” ujar Mantan Kapolres Alor itu.

Ia juga menambahkan, pihaknya menerapkan pengamanan yang berlapis di gereja. Tahap pertama adalah sterilisasi gereja. Kedua, memastikan tiap gereja memiliki kamera CCTV yang berfungsi dengan baik.

“Pertama dilakukan sterilisasi oleh Satuan Brimob Kompi 4 Batalyon B Pelopor Labuan Bajo. Kedua, kita bekerja sama dengan pihak gereja untuk mengecek ulang kamera CCTV. Kita nanti sama-sama dengan pengamanan setempat untuk melakukan pemantauan,” jelasnya.

Kapolres Mabar memastikan bahwa pihak kepolisian bersama TNI serta instansi terkait akan bekerja maksimal untuk melakukan pengamanan sehingga umat Nasrani yang merayakan rangkaian ibadah Paskah dapat beribadah secara khusyuk.

BACA JUGA:  Kesaksian Wihelmus Warung Soal Sengketa Tanah antara (alm) Ibrahim Hanta vs Niko Naput, Hotel San Regis di Labuan Bajo Terancam Angkat Kaki

“Sebagai bagian dari pengetatan pengamanan kami akan mengintensifkan atau meningkatkan kegiatan patroli. Untuk itu, saya mengajak semua masyarakat Manggarai Barat untuk bersama-sama menjaga kamtibmas di lingkungan kita masing-masing,” imbau orang nomor satu di Polres Manggarai Barat itu. *(ah/fg)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button