PARIWISATA

BPOLBF Pastikan Jaringan Komunikasi Wisatawan Saat Berkunjung di Labuan Bajo Aman

BPOLBF kolaborasi dengan Telkomsel Manggarai Barat perkuat dan perluas jaringan

FLORESGENUINE.com – Menjelang perayaan Idul Fitri 1445 Hijriyah/2024 Masehi, Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) melakukan kordinasi dan kolaborasi dengan stakeholder setempat, diantaranya Polres Mabar, Syahbandar, Dinas Perhubungan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, BTNK, UPBU Bandara Komodo, Telkomsel, Danlanal, Basarnas, dan stakeholder lainnya.

Hal itu dilakukan oleh BPOLBF dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan yang akan berkunjung di Labuan Bajo.

BPOLBF juga bangun kolaborasi dengan pihak Telkomsel Manggarai Barat untuk menjamin terpenuhinya jaringan dibeberapa titik lokasi, mulai dari wilayah pelosok hingga titik terjauh yang masih belum terjangkau jaringan komunikasi seperti di kawasan perairan dan kepulauan di TNK.

Kesiagaan layanan selama libur lebaran juga dilakukan Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) yang telah membentuk tim kerja libur lebaran.

BACA JUGA:  Total Transaksi UMKM di Event POTH Parapuar Mencapai 30 Juta

Selama sepekan libur lebaran, BPOLBF secara aktif mengupdate dan melakukan integrasi data SISPARNAS (Sistem Informasi Kepariwisataan Nasional) melalui situs https://sisparnas.kemenparekraf.go.id) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Plt Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores Frans Teguh, Senin (8/4/24) mengatakan, Labuan Bajo sendiri sudah tiga tahun belakangan ini menjadi salah satu destinasi yang direkomendasikan untuk berlibur selama musim libur lebaran.

Mengingat, tambah nya, waktu libur dan cuti lebaran berlangsung selama sepekan, sehingga Labuan Bajo sendiri sejauh ini bukan menjadi destinasi yang dituju mudik lebaran, melainkan untuk para wisatawan yang tidak merayakan lebaran, namun mengambil cuti bersamaan dengan perayaan lebaran.

Selanjutnya pada Senin, 8 Maret 2024, BPOLBF bersama Dinas Pariwisata Manggarai Barat, Bandara Komodo, Syahbandar, BTNK, Asosiasi Pariwisata telah melaunching TIC (Torurism Information Center) yang dapat diakses di 4 titik lokasi baik secara digital maupun offline.

BACA JUGA:  Kemenparekraf dan Basarnas Susun Dokumen Protokol Keselamatan Wisatawan

Menurut Plt Direktur Utama (Dirut) BPOLBF Frans Teguh, 4 titik lokasi TIC tersebut antara lain, titik pertama di pintu kedatangan dan Garbarata Bandar Udara Komodo, Labuan Bajo berbentuk digital  scan barcode. Titik kedua, di Co-Working Space Bandara Komodo berupa buku, brosur, dan leaflet yang dapat dibaca langsung oleh wisatawan.

Titik ketiga, tambah Frans Teguh, berada di Kantor BPOLBF di Jln. Soekarno Hatta No.88, Labuan Bajo, Kec. Komodo, Kabupaten Manggarai Barat. Di lokasi TIC ini, pelayanan TIC akan dilayani langsung oleh Staf BPOLBF.

Titik keempat, sambungnya, berada di Kantor Syahbandar (KSOP) Marina Labuan Bajo dimana tersedia informasi tentang destinasi, peta lokal, kegiatan wisata, akomodasi, kuliner, transportasi, dan aspek keamanan.

BACA JUGA:  Air Liur Binatang Purba Komodo Mengandung Bakteri Mematikan?

Selain berbagai informasi dan strategi di atas, informasi menarik lainnya adalah pihak PELNI menyediakan tiket kapal Pelni GRATIS untuk arus balik rute Labuan Bajo-Makassar pada 21 April 2024 oleh Cabang Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Labuan Bajo dengan kuota 300 penumpang dan pendaftaran.

Informasi terkait tiket mudik gratis ini dapat di update melalui media sosial PELNI Labuan Bajo dengan Syarat dan Ketentuan Berlaku. ***

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button