PARIWISATA

Jumlah Kunjungan Wisatawan di Labuan Bajo Meningkat Menjelang Idul Fitri 1445 H

BPOLBF bersama stakeholder setempat bangun strategi

FLORESGENUINE.com – Jelang perayaan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) melakukan kordinasi dan kolaborasi untuk menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat dan wisatawan di Manggarai Barat yang menjadi pusat konsentrasi arus kunjungan wisatawan selama sepekan musim libur lebaran.

BPOLBF berkolaborasi dengan beberapa instansi terkait diantaranya Polres Mabar, Syahbandar, Dinas Perhubungan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, BTNK, UPBU Bandara Komodo, Telkomsel, Danlanal, Basarnas, dan stakeholder lainnya.

Plt Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores Frans Teguh, Senin (8/4/24) mengatakan, Labuan Bajo sendiri sudah tiga tahun belakangan ini menjadi salah satu destinasi yang direkomendasikan untuk berlibur selama musim libur lebaran.

BACA JUGA:  Jelajahi Keindahan Alam Bawa Laut Taman Nasional Komodo

Mengingat, tambahnya, waktu libur dan cuti lebaran berlangsung selama sepekan, sehingga Labuan Bajo sendiri sejauh ini bukan menjadi destinasi yang dituju mudik lebaran, melainkan untuk para wisatawan yang tidak merayakan lebaran, namun mengambil cuti bersamaan dengan perayaan lebaran.

Adapun langkah strategi yang disiapkan oleh BPOLBF bersama stakeholder lainnya yaitu mendirikan posko libur lebaran yang berada pada beberapa titik lokasi di Labuan Bajo.

Menurut Plt Direktur Utama (Dirut) BPOLBF, berdasarkan data dari Dinas Perhubungan Manggarai Barat, posko lebaran tahun 2024 berada pada 3 titik lokasi yaitu ruang kedatangan Bandara Komodo, yang bertugas mengupdate data jumlah penumpang.

Kemudian, sambungnya, ada Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Labuan Bajo, yang bertugas untuk mengupdate data jumlah penumpang dan Kapal yang berlayar di Labuan Bajo. Dan terminal multipurpose Wae Kelambu – Pelindo yang mendata jumlah kapal logistik selama libur lebaran.

BACA JUGA:  Konjen India Puji Keindahan Labuan Bajo dan Tertarik untuk Berinvestasi

“Pada titik-titik posko ini juga disediakan update harian tentang informasi terkait cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)”, ujar orang nomor satu di BPOLBF itu

Berdasarkan data yang diterima oleh BPOLBF, konektivitas transportasi udara Manggarai Barat hingga H-3 perayaan lebaran, data lalu lintas udara di Bandara Internasional Komodo telah mencatat jumlah penumpang H-7 hingga H-3 sebanyak 13.769 penumpang, atau mengalami peningkatan sebanyak 29% dari jumlah tahun sebelumnya dengan 14 aktivitas penerbangan perhari digawangi 6 maskapai nasional, yaitu Garuda, Citilink, Lion Air, Batik Air, Air Asia, dan Wings Air.

“Data penumpang perhari di tanggal 7 April sendiri tercatat sebanyak 3.494 pergerakan penumpang”, jelas Frans Teguh

BACA JUGA:  Jelang Kegiatan Komodo Travel Mart Juni 2024, ASPPI Kordinasi dengan BPO Labuan Bajo

Selama berlibur di Labuan Bajo, para wisatawan juga dapat menikmati aktivitas layanan Damri untuk memudahkan mobilitas dari Bandara Komodo Labuan Bajo ke beberapa titik lokasi dalam kota Labuan Bajo, antara lain Kampung Ujung – Halte Simpang Pede – Halte Smak Loyola (pulang pergi). ***

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button