PARIWISATA

Festival Jelajah Maumere, Ajang Promosi dan Pelestarian Budaya

FLORESGENUINE.com- Pemerintah Kabupaten Sikka (Pemkab) akan kembali menggelar Festival Jelajah Maumere (FJM). Event akbar ini direncanakan akan berlangsung dari tanggal 12 hingga 14 September 2024.

Ajang serupa telah sukses digelar tahun sebelumnya, Festival kali ini akan mengangkat tema “Dewa Det Naruk Utan Peten Beli Ata Bian Sawe”, yang artinya menyapa dunia dengan tenun ikat Sikka. Event ini diperkirakan akan lebih meriah karena menampilkan kekayaan budaya Nian Tana Sikka.

Ketua Panitia FJM, Ferdinand E. Edomeko menjelaskan, festival kali ini akan menampilkan berbagai kegiatan menarik seperti kirab budaya, pentas seni budaya, atraksi musik baik local maupun nasional serta parade Sikka culture fashion.

BACA JUGA:  Total Transaksi UMKM di Event POTH Parapuar Mencapai 30 Juta

Selain itu, kegiatan ini juga akan menampilkan pameran UMKM, teknologi tradisional, berbagai perlombaan  antara lain fashion show, musik suling dan lomba bercerita tentang tenun ikat Sikka. Menurut dia, FJM 2024 merupakan platform penting untuk mempromosikan keindahan dan keunikan tenun ikat Sikka serta pariwisata Maumere secara luas.

Sementara itu, Pj. Sekda Sikka, Margaretha Movaldes da Maga Bapa, dalam rapat persiapan mengatakan bahwa Kabupaten Sikka memiliki potensi sumber daya yang beragam sehingga perlu untuk ditumbuh-kembangkan.

Dia pun berharap agar event festival jelajah Sikka ini bukan hanya menjadi acara budaya tahunan, tetapi juga mampu meningkatkan potensi pariwisata dan ekonomi lokal secara signifikan. *[kia/fg]

BACA JUGA:  Pengembangan Pariwisata Flores, Mengurangi Ketimpangan di Nusa Tenggara

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button