NEWS

Jelang HUT Desa Panama, Warga Gotong Royong Bersih Sampah Wei Lawan

FLORESGENUINE.com- Desa Panama, di Kecamatan Buyasuri, Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) telah memasuki usia yang ke-57, tepatnya tanggal 12 Juli 2024.

Untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Desa Panama, warga masyarakat bersama siswa/i SMAN I Buyasuri, Kamis (11/7/2024) menggelar sejumlah kegiatan seperti membersih sampah di sungai Wei Lawan.

Selain itu, warga juga membangun beberapa bak untuk menampung sampah-sampah khususnya sampah plastik yang sering dibuang secara sembarangan di sepanjang aliran sungai Wei Lawan. Kegiatan lain yang diadakan yakni deklarasi ikatan keluarga pelajar, pemuda dan para pensiunan Desa Panama yang berlangsung sebagai wadah pemersatu dan mempererat hubungan lintas generasi Desa Panama.

BACA JUGA:  Relawan Kabupaten Lembata Deklarasi Dukung Melki Laka Lena Jadi Gubernur NTT

Yanto Peurapeq, guru SMAN I Buyasuri menjelaskan,  rangkaian kegiatan ini diadakan dalam rangka memperingati HUT Desa Panama yang ke 57 sekaligus untuk mempererat tali persuadaraan dan kekeluaragaan sebagai sesama warga desa.

Warga masyarakat Desa Panama sedang membersihkan sampah Wei Lawan. (foto : Yanto Peurapeq)

Sementara itu, aksi bersih sampah di kawasan Wei Lain dilakukan demi merawat dan melestarikan alam lingkungan khususnya sungai Wei Lawan yang merupakan satu-satunya sumber air minum untuk memenuhi kebutuhan warga Desa Panama dan desa-desa lain di sekitarnya.

“ Kegiatan ini bertujuan, selain untuk meriahkan hari ulang tahun desa, juga untuk memupuk kerjasama dan memperekat tali kekeluargaan untuk bersama-sama dalam membangun desa,” ujarnya.

Rangkaian kegiatan jelang HUT Desa Panama ini melibatkan beberapa elemen masyarakat desa baik siswa/i SMAN I Buyasuri, Karang Taruna Desa Panama, para pegawai dan pensiunan pegawai serta tokoh masyarakat dan pemerintah Desa Panama. Puncak acara akan ditutup dengan upacara bendera bertempat di halaman Kantor Desa Panama. [kis/fg]

BACA JUGA:  Kapal Wisata di Labuan Bajo Mengalami Kerusakan saat Berlayar, 8 Wisatawan Berhasil Diselamatkan

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button