NUSANTARA

Konsep Pembangunan Pariwisata di IKN, Adopsi Wisata Labuan Bajo

FLORESGENUINE.com– Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, pembangunan Ibu Kota Nusantara atau IKN tengah dilakukan oleh pemerintah Indonesia. Salah satu diantaranya yakni sektor pariwisata.

Untuk membangun pariwisata di IKN, pemerintah akan mengadopsi konsep pembangunan pariwisata di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Konsep wisata yang dimaksud yakni menyediakan moda trasportasi laut yakni kapal phinisi.

Untuk mewujudkan rencana tersebut, pihaknya akan bekerja sama dengan perusahaan swasta dalam pengadaan kapal phinisi yang akan beroperasi di perairan kawasan IKN. Dengan adanya kapal phinisi, suasana wisata akan mirip Labuan Bajo.

Menurut Menteri Sumadi, nantinya kapal-kapal phinisi akan ada di pelabuhan kawasan IKN untuk melayani para wisatawan. Dia menyebutkan, pihaknya telah melakukan kerja sama dengan otorita IKN guna membangun sejumlah pelabuhan.

BACA JUGA:  Pariwisata Berbasis Masyarakat dan Keberlanjutan

Sebelumnya, Menhub Sumadi pada tahun 2023 lalu, juga pernah menyampaikan rencana pembangunan pelabuhan di IKN dan pemerintah telah menyiapkan anggaran senilai Rp 200 Miliar.

Menhub ingin agar pelabuhan di IKN dibangun layaknya di Labuan Bajo yang merupakan salah satu destinasi wisata favorit bagi para wisatawan, baik wisatawan domestk maupun mancanegara.

Selain itu, Kemenhub juga berencana membangun moda transportasi kereta otonom tanpa rel konvensional atau autonomous ril transit  di IKN. [kis/fg]

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button