NUSANTARA

Kepala BNN : Manggarai Barat Paling Rawan Peredaran Narkotika

FLORESGENUINE.com–Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Komjen Pol Prof. Dr. Petrus Reinhard Golose mengingatkan masyarakat agar waspada terhadap persedaran narkotika di daerah ini mengingat dari hasil pemetaan potensi kerawanan peredaran narkotika, Manggarai Barat menduduki posisi teratas dari 13 kawasan paling rawan peredaran narkotika di NTT.

Hal itu diungkapkan Kepala BNN dalam kunjungan kerjanya di Labuan Bajo, Jumad, (17/11/2023). Kunjungan  kerja BNN kali ini sebagai upaya extraordinary pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN) sesuai perintah Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas terkait pemberantasan dan penanganan kasus narkotika yang beberapa waktu lalu.

Dia mengatakan bahwa meskipun Propinsi bukan salah satu dari 10 provinsi yang menjadi prioritas penanganan narkotika secara extraordinary, namun menurut pengamatan pihak BNN, potensi kerawanan di wilayah ini cukup besar karena merupakan destinasi pariwisata super premium yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan baik dalam negeri maupun mancanegara.

BACA JUGA:  Membuang Jangkar ke Dasar Laut, Merusak Terumbu Karang

Menurut dia, Labuan Bajo merupakan pintu masuk bagi para wisatawan sehingga BNN hadir untuk berdialog dan menjalin kerjasama dengan masyarakat untuk mencegah peredaran narlotika di wilayah ini.

“Kita ingin meningkatkan kerjasama dan komitmen bersama dan mengharapkan peran aktif para stakeholder terutama para pelaku pariwisata agar berupaya mencegah atau melakukan pengawasan terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika di wilayah ini,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Kepala BNN juga mendeklarasikan Labuan Bajo sebagai Wisata Bersinar yang artinya Labuan Bajo Bersih Narkoba. Deklarasi perang melawan narkotika ini dilakukan bersama para stakeholder Manggarai Barat.

Kepala BNN juga mengapresiasi pemerintah Manggarai Barat dengan memberikan penghargaan yang diterima oleh Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi. Penghargaan diberikan atas komitmen dan dedikasi pemerintah daerah yang telah menghibahkan tanah untuk pembentukan BNN di Kabupaten Manggarai Barat serta telah memberikan gedung dengan status pinjam pakai untuk operasional pelaksana harian BNN di daerah ini.

BACA JUGA:  KemenPPN Evaluasi Pembangunan Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo

Selain itu, apresiasi diberikan kepada pemerintah daerah yang telah mensosialisasikan P4GN kepada ASN di lingkup pemerintahan Manggarai Barat serta pembentukan Satuan Tugas (Satgas) P4GN di kawasan destinasi wisata di Labuan Bajo, Manggarai Barat. [kis/fg]

 

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button