PARIWISATA

Jelajah Taman Wisata Alam Laut “Tujuh Belas Pulau” Riung

FLORESGENUINE.com- Taman Wisata Alam Laut (TWAL) “tujuh belas pulau” merupakan salah satu destinasi wisata terfavorit di Kabupaten Ngada, Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Penamaan Tujuh Belas Pulau, untuk melukiskan betapa indah dan cantiknya pulau-pulau di kawasan tersebut bak gadis berusia 17 tahun. Sementara, jumlah pulau-pulau di wilayah perairan itu sendiri sebanyak 24 pulau.

Kawasan 17 pulau mempunyai banyak spot destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi. Selain menawarkan keindahan alam pulau-pulau mungil nan menawankawasan ini pula memiliki kekayaan hayati yang sangat tinggi.

Secara administrative pemerintahan, TWAL Tujuh Belas Pulau masuk dalam wilayah Kecamatan Riung yang meliputi 6 desa yaitu Desa Lengkosambi, Tadho, Latung, Sambinasi, Lengkosambi Timur dan Lengkosambi Barat serta 2 kelurahan yaitu  Kelurahan Benteng Tengah dan Nangamese.

BACA JUGA:  Jelajah Lembata, Surga Para Pencinta Petualangan

Kawasan tujuh belas pulau di Riung ini kemudian ditunjuk sebagai Cagar Alam berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Kehutanan No. 427/KptsII/1987 Tanggal 28 Desember 1987 dengan luasan mencapai 11.900 hektar.

Kawasan ini kemudian menjadi Taman Wisata Alam (TWA) berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehutanan Nomor: 589/Kpts-II/1996 Tanggal 16 September 1996. Kawasan ini dibagi menjadi dua bagian yakni Taman Wisata Alam Tujuh Belas Pulau seluas 9.900 hektar dan Cagar Alam Riung seluas 2.000 hektar.

Keanekaragaman hayati dan potensi yang besar menjadi destinasi pariwisata ini tentu saja menjadi modal dasar dalam pengembangan wisata alam bertaraf internasional. Apalagi jarak kawasan wisata alam tujuh belas pulau berdekatan dengan Taman Nasional Komodo (TNK) di Labuan Bajo, Manggarai Barat.

BACA JUGA:  Kemenparekraf Ajukan Tambahan Anggaran Rp. 3 Triliun
Para pengunjung dapat menyaksikan ribuan kelelawar di 17 pulau Riung (Foto : Kornelis Rahalaka/Floresgenuine)

Selain menjadi daerah tujuan wisata, kawasan ini sangat cocok untuk pengembangan budidaya rumput laut, teripang, lobster dan hasil laut lainnya. Selain berwisata, para wisatawan tentu saja dapat menyaksikan dan ikut aktivitas lain seperti penangkapan ikan secara tradisional dan budidaya rumput laut.

Berpetualangan ke destinasi wisata tujuh belas pulau Riung akan memberikan pengalaman tersendiri. Selain menikmati keindahan alam pulau-pulau kecil di kawasan itu, pengunjung juga dapat melakukan sejumlah atraksi seperti diving, snorkeling atau berjemur di pantai berpasir putih nan menawan. Selain itu, para pengunjung dapat pula menyaksikan jutaan kelelawar yang saban hari bergelantungan di hutan bakau yang tumbuh berjejer di sepanjang pantai.

BACA JUGA:  Konjen India Puji Keindahan Labuan Bajo dan Tertarik untuk Berinvestasi

Di kawasan perairan ini terdapat 24 pulau kecil yaitu Pulau Batang Kolong, Pulau Meja, Pulau Tangil, Pulau Lainjawa, Pulau Tiga atau Bampa Timur, Pulau Sui, Pulau Ontoloe, Pulau Wire, Pulau Wongkoroe, Pulau Pata, Pulau Besar, Pulau Halima atau Pulau Nani, Pulau Tembaga, Karang Penghalang (Barrier Reef), Pulau Dua yakni ada 2 pulau namun diberi satu nama dan beberapa taka atau atol.

Untuk mencapai destinasi wisata tujuh belas pulau Riung, pengunjung bisa  melalui jalan darat atau udara. Jalan darat, pengunjung bisa melalui Kota Bajawa, Kabupaten Bajawa atau dari Mbay, Ibu Kota Kabupaten Nagekeo. Namun, jika dengan pesawat, anda bisa melalui bandara udara Soa, Ruteng, Ende atau Labuan Bajo. [kornelis rahalaka]

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button