PARIWISATA

16 Dive Spot Wisata Alam Bawah Laut yang Layak Anda Kunjungi

FLORESGENUINE.com– Sebagai destinasi pariwisata kepulauan dengan kekayaan ekosistem terumbu karang yang luas, Taman Nasional komodo (TNK) dan sekitarnya memiliki banyak dive spot atau site dengan keindahan dan keunikan yang beragam.

Kawasan ini juga kaya akan mega fauna sebagai sarana wisata diving seperti manta ray, sunfish (mola-mola), penyu, barakuda, ikan napoleon. Setidak-tidaknya terdapat 45 dive site di kawasan ini baik di dalam maupun di luar TNK. Berikut 17 spot dive site berdaya magis-pesona yang wajib anda kunjungi.

Satu, Pulau Sebolon Kecil. Pulau mungil ini tidak berpenghuni. Ia terletak di luar kawasan TNK dan termasuk gugusan pulau-pulau kecil di bagian utara TNK. Lokasinya relatf dekat dengan Labuan Bajo. Pulau ini merupakan pulau bukit atau puncak dari gunung laut.

Tidak terdapat lahan datar, namun hampir seluruh pantainya bertebing terjal. Dive site ini berlokasi di sebelah utara pulau. Daya tariknya yaitu lereng gunung laut sebagai kepanjangan lereng pulau sampai kedalaman  sekitar 22 meter. Fauna yang dapat  dijumpai yaitu barakuda, kumpulan besar botfishes dan hiu. Di hamparan pasir terdapat garden eels dan lereng-lerengnya banyak ditutupi oleh kipas laut dan karang yang indah.

Dua, Pulau Sabolo Besar. Pulau ini terletak di luar TNK termasuk gugusan pulau-pulau kecil di bagian utara TNK. Pulau ini memiliki luas kira-kira 20 hektar dengan kontur tanahnya yang membentuk bukit. Pulau ini tidak berpenduduk dan belum memiliki fasilitas dermaga untuk sandar kapal.

Pantai ini memiliki pemandangan bukit yang indah serta alam bawah laut yang mudah diakses untuk aktivitas snorkeling. Pulau mungil ini sudah sangat populer bagi wisatawan, terutama yang memiliki ketertarikan pada keindahan alam bawah lautnya.

Dive site ini terutama digunakan untuk latihan menyelam pada area berpasir. Pulau ini juga menarik untuuk penyelaman makro. Berbagai macam paket wisata ditawarkan membuat banyak alternative dapat dilakukan selama di pulau ini. Terdapat berbagai paket kunjungan ke pulau ini seperti snorkeling atau untuk kegiatan rekreasi hingga menghabiskan malam di pulau ini.

Tiga, Pulau Seraya Kecil. Pulau kecil ini terletak di luar TNK dan merupakan gugusan pulau-pulau kecil yang layak anda kunjungi. Terdapat Seraya Kecil yang terletak tidak jauh dari Labuan Bajo. Di sini, tersedia akomodasi berupa hotel Gardena II. Hotel ini terletak di pantai bagian utara berpasir putih.

BACA JUGA:  Audit Kriteria Pariwisata, Upaya Wujudkan Labuan Bajo Sebagai DPSP

Kondisi perairan relatif tenang dan cocok untuk snorkeling. Di lokasi ini para penyelam dapat menelusuri gunung laut kecil pada kedalaman 30 meter atau beraktivitas menyelam diantara terumbu karang dalam kedalaman yang dangkal. Terumbu karang merupakan daya tarik wisata.

Empat, Pulau Sebayur Kecil. Pulau kecil ini terletak di luar kawasan TNK. Topografi pulau ini berbukit dan tidak berpenghuni. Namun, di sebelah timur terdapat Pulau Seraya Besar yang telah berkembang sebagai dive resort yang dikelola oleh investor asing.

Di Pulau ini tersedia fasilitas untuk berwisata diving dan akomodasi. Pulau ini sangat ramai dikunjungi wisatawan. Kawasan ini juga sangat cocok untuk diving dan snorkeling karena menawarkan alam bawah laut yang indah.

Di pulau ini juga sangat dekat dengan beberapa dive spot seperti Batu Bolong, Castle Rock dan Cristal Rocks. Target pasarnya merupaan para penyelam, sehingga pulau ini sangat jarang dikunjungi oleh wisatawan umum khususnya wisatawan mancanegara. Dive site ini merupakan lereng yang terus menuruni punggung bukit dengan arus relatif kuat.

Di lokasi ini terdapat juga area lereng dengan berpasir denga kedalaamn 15-17 meter, di mana terdapat beberapa blok karang, anemone dengan kepiting porselin dan daerah berpasir terdapat garden eels. Ikan Napoleon sering dijumai di kawasan ini.

Lima, Pulau Tatawa Besar. Pulau ini terletak di dalam kawasan TNK. Pulau ini tidak berpenduduk. Dengan morfologi berbukit dan dikaki bukit bagian timur terdapat hutan mangrove yang lebat dan relative luas. Dive site terdapat di sebelah timur pulau dengan topografi dasar laut lereng dan kondisi arus yang relative kuat.

Lokasi ini cocok untuk drift dive dengan arus sepanjang sisi bagian timur laut pulau dan berakhir pada pojok pulau untuk safety stop. Di kedalama laut kerap ditemukan ikan kerapu besar dan ikan sweetlips. Seringkali dijumpai pula ikan hiu dan kumpulan jacks. Mengarah ke pojok karang dijumpai banyak ikan angel. Kepe-kepe, batfish, sweetlips dan kadang-kadang penyu atau kelompok ikan kakatua jambul. Terumbu karang di pulau ini tergolong baik dengan tingkat keanekaragaman jenis yang tinggi.

Enam, Pulau Tatawa Kecil. Pulau ini sesungguhnya hanya berupa onggokan batu yang berlokasi di sebelah selatan Pulau Tatawa Besar. Di sebut Batu Bolong karena bentuk batu ini berlubang. Dive spot ini merupakan salah satu dive favorit di TNK.

BACA JUGA:  Menparekraf Kunjungan Kerja di Labuan Bajo

Kondisi karang di kawasan ini relative baik karena arus yang kuat dan topografi dasar laut berupa dinding berundak yang tidak memungkinkan aktivitas penangkapan ikan. Kawasan ini sangat menarik karena didukung terumbu karang yang berwarna warni dan beragam avertebrata serta jutaan ikan kecil berwarna warni.

Pada kedalaman yang lebih dalam di sepanjang dinding berundak, terdapat banyak ikan berukuran besar termasuk hiu, napoleon, giant trevally, tuna gigi anjing dan gerombolan ikan rainbow. Dive site ini juga terdapat celah terumbu menyerupai gua yang dapat dimasuki oleh para penyelam.

Pink beach di Pulau Komodo merupakan salah satu lokasi terfavorit bagi para wisatawan. Foto : ist)

Tujuh, Karang Makassar atau Manta Point. Lokasi dive ini terletak diantara dua taka disebelah timur Pulau Komodo. Lokasi ini terkenal dengan kumpulan ikan pari manta sekitar 100 ekor. Tetapi ikan pari manta hanya dapat dijumpai pada kondisi dan cuaca yang baik. Mega fauna diare ini antara lain gerombolan ikan kakatua berjambul, hiu bambu dan pari marble.

Delapan, Mawan. Mawan terletak di Pulau Karanga. Lokasi ini sangat baik untuk aktivitas dive karena stuff yang bagus dijumpai pada kedalaman sekitar 3-15 meter. Lokasi ini sangat menakjubkan dengan keanekaragaman tutupan terumbu karangnya dengan keanekaragaman jenis ikan . Namun, arus di kawasan ini seringkali sangat kuat.

Sembilan, Siaba Kecil. Lokasi dive ini biasanya berarus kuat sehingga sangat cocok utuk drift dive. Pada bagian yang terlindung dibalik bebatuan seringkali dijumpai hiu yang bersembunyi. Keindahan bawah laut didukung oleh kipas laut yang tumbuh dibawah terumbu karang tetapi karena arus kuat maka akan sulit untuk aktivitas fotografi.

Sepuluh, Siaba Besar. Lokasi ini juga sangat cocok untuk drift dive dengan hamparan terumbu karang yang indah dari arah utara pulau dan berhenti di area taman karang di mana dijumpai banyak ikan mandarin yang hidup dicelah-celah karang bercabang tanduk.

Sebelas, Pulau Pengah. Pulau batu ini terletak di utara Pulau Rinca. Pulau mungil ini merupakan salah satu dive site yang populer di kawasan TNK. Kondisi bawah laut di salah satu sudut lainnya terdapat dinding barudak yang berwarna warni yang ditumbuhi oleh kipas laut, tunicate biru dan ditutupi dengan beberapa faether stars.

Secara umum, kondisi terumbu karang dikawasan ini tergolong baik. Beragam jenis karang yang berwarna warni. Pada waktu tertentu, dapat terjadi arus laut yang kuat. Fauna yang dapat dijumpai di kawasan ini yaitu gerombolan besar ikan emperor hidung panjang, angel dan scorpion. Beberapa ekor penyu hijau juga ditemui di lokasi ini.

BACA JUGA:  Lima Sahabat Ekosistem Pariwisata dapat Penghargaan

Duabelas, Wainilu. Lokasi ini berlokasi di kawasan Loh Kima, Pulau Rinca. Kondisi karang di lokasi ini banyak yang sudah rusak. Terdiri dari pasir dan pecahan karang serta visibilitas yang rendah. Namun, terdapat beberapa jenis biota spesifik yang dapat dinikmati seperti kelinci laut, undang matis, ikan terompet dan ikan mandarin di sela-sela bulu babi. Lokasi ini seperti sebuah muck dive di mana, penyelam dapat menghabiskan waktu untuk mengamati biota yang tersembunyi di bawah karang dan diantara pecahan karang.

Tigabelas, One-Tree. Lokasi ini terletak di sebelah utara Pulau Rinca. Keunikan dive spot ini yaitu topografi yang kompleks seperti terumbu lereng dengan terumbu karang gantung, gua-gua kecil dan bowls serta taman karang keras dibagian perairan dangkal.

Fauna di perairan ini yaitu kumpulan ikan napoleon dan hiu. Banyak pula terdapat ikan angel diantara dan dibawah karang gantung, gerombolan ikan fusilier dan giant trevally.

Empatbelas, Batu Tiga. Lokasi ini berada di Selat Lintah dengan arus sangat kuat sehingga lokasi ini tidak selalu dapat diselami. Di Lokasi ini merupakan penyelaman yang sangat indah di bawah tiga bebatuan dan teras pada kondisi arus tidak terlalu kuat. Beberapa ikan napoleon, hiu karang dan kelompok ikan kakatua berjambul dapat dijumpai di lokasi ini.

Limabelas, Pinck Beach. Lokasi dive ini merupakan salah satu wisata paling favorit di TNK. Lokasinya sangat dekat dengan stasiun ranger komodo dan banyak boat wisata mengunjungi lokasi ini. Kawasan ini sangat menarik bagi para wisatawan untuk aktivitas diving atau snorkeling sambil menikmati pantai berpasir pink yang merupakan fragmen karang merah dan  pasir putih.

Enambelas. Toko-Toko.  Lokasi ini merupakan pulau batu berukuran kecil dekat, terletak dekat dengan Gili Lawa Laut. Lokasi ini memperoleh pengaruh  arus laut kepulauan yang datangnya dari utara sehingga arus biasanya sangat kuat dan menjadi jalur lintas ikan jenis palagis. Di beberapa tempat terdapat area datar dengan karang meja dan karang keras yang indah dipandang mata. [kis/fg]

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button