NEWSNUSANTARA

Total 79 Calon Jamaah Haji Asal Manggarai Barat Tahun 1445H/2024M

Calon jama'ah haji asal Manggarai Barat telah diberangkatkan pada Kamis, 30 Mei 2024

FLORESGENUINE.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mengadakan acara pelepasan Jama’ah haji yang berjumlah 79 calon jama’ah haji asal Kabupaten Mabar.

Acara pelepasan calon jama’ah haji tahun 1445H/2024 ini dihadiri Sekretaris Daerah (sekda) Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Mabar, Fransiskus Sales Sodo pada Kamis, 29 Mei 2024 pagi di kantor aula Setda Mabar.

Berjumlah 79 calon jama’ah haji di Kabupaten Mabar tersebut masuk dalam gelombang ke II kloter 79 embarkasi Surabaya berangkat dari Labuan Bajo ke Surabaya pada tanggal 30 Mei 2024. Dan masuk asrama haji Sukalilo Surabaya pada 1 Juni 2024.

Selanjutnya, berangkat ke tanah suci melalui Bandara King Abdul Aziz Jeddah tanggal 2 Juni 2024 pukul 11.00 waktu setempat menggunakan pesawat Saudia Airlines Nomor penerbangan SV5449.

BACA JUGA:  Tawuran Antar Pelajar di Labuan Bajo, Polres Mabar Panggil Orang Tua dan Guru

Sedangkan pemulangan Jemaah haji kembali ketanah air pada 14 Juli 2024, berangkat dari bandara Amir Muhammad Bin abdul Aziz (AMAA) di Madinah dan tiba di bandara Juanda Surabaya pada tanggal 15 Juli 2024. Keberangkatan dari Surabaya menuju Labuan Bajo-Manggarai Barat pada 16 Juli 2024 dan tiba di Labuan Bajo sekitar pukul 15.30 wita.

Kepada calon jama’ah haji Sekda Hans Sodo -kerap disapa publik- dalam sambutannya ingatkan agar selama dalam perjalanan ke tanah suci para jamaah harus menjaga kesehatan, siapkan lahir dan batin.

“Jaga kesehatan mulai hari ini sampai dengan kembalinya, kita semua berharap 79 orang berangkat dari Labuan Bajo besok kembali juga harus 79 orang,” pesan Sekda Mabar itu.

BACA JUGA:  Gunung Api Lewotobi Laki Laki Kembali Erupsi, Masyarakat Diminta Waspada

Dikatakan Hans Sodo, menjaga kesehatan itu sangat penting, iklim di sini dan tanah suci sungguh jauh berbeda. Lalu semua jama’ah haji harus mengenal satu sama lain, harus saling mengingatkan satu sama lain, mohon dibantu yang sudah berusia lanjut, supaya tidak keluar dari rombongan, ikuti semua ketentuan  dan aturan  yang ada.

Selain itu juga, tambah Sekda, mengharapkan agar selama perjalanan spiritual ke tanah suci, calon jama’ah untuk mendokan Bupati dan Wakil Bupati, unsur forkompinda dan seluruh masyarakat Kabupaten Manggarai Barat.

“Kami juga memohon selama berada di tanah suci, disamping mendokan untuk diri sendiri, dan juga jangan lupa berdoa untuk kami agar kami diberikan kesehatan, kekuatan untuk menjalankan tugas demi kesejahteraan Manggarai barat,” pintanya.

BACA JUGA:  Triwulan Pertama 2024, Satres Polres Mabar Berhasil Ungkap 2 Kasus Pengedaran Narkoba di Labuan Bajo

Sebagai bentuk dukungan guna kelancaran urusan selama menunaikan ibadah ke tanah suci, Pemerintah Daerah (Pemda) Manggarai Barat melalui Sekretaris Daerah memberikan bantuan berupa transportasi lokal sebanyak 30 juta rupiah kepada calon jama’ah haji tahun 1445H/2024M, bantuan tim medis serta bantuan lainya. ***

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button