NUSANTARA

Tim SAR Manggarai Barat Selamatkan Belasan Wisatawan Belanda

FLORESGENUINE.com- Tim SAR Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), berhasil menyelamatkan puluhan wisatawan asal Belanda saat kapal wisata yang mereka tumpangi dihantam gelombang tinggi di perairan Gili Lawa, dalam bilangan kawasan Taman Nasional Komodo (TNK).

Kejadian itu berawal dari kapal wisata Marcopolo Green yang membawa sebanyak 14 wisatawan asal Belanda dan seorang wisatawan local hendak menuju Pelabuhan Sape, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Rabu (21/2/2024). Sekitar Pkl. 22.45, Pos SAR Manggarai Barat menerima informasi terjadi lost kontak dengan rombongan wisatawan tersebut.

“Setelah menerima informasi lost kontak dengan kapal Marcopolo Green, kami langsung menyiagakan Tim Rescue Pos SAR Manggarai Barat beserta unsur potensi SAR dan melakukan komunikasi kepada pihak agen kapal dan KSOP Labuan Bajo,” ungkap Kepala Basarnas Maumere Supriyanto Ridwan.

BACA JUGA:  PLN IUP Nusra Telah Serahkan Kompensasi kepada Masyarakat Desa Golo Bilas-Manggarai Barat

Namun, setelah dicek oleh petugas SAR, diketahui bahwa kapal wisata bersama seluruh penumpang dalam kondisi aman. Para wisatawan berhasil berlindung di sekitar Pulau Gili Lawa. Kapal wisata Marcopolo terpaksa menepi dan berusaha berlindung di Pulau Gili Lawa akibat cuaca buruk dan gelombang tinggi.

Tim Rescue Pos SAR Manggarai Barat pun langsung diterjunkan ke lokasi menggunakan RIB Pos SAR Manggarai Barat guna mengawal pelayaran pulang kapal Marcopolo Green menuju Labuan Bajo. Pada Pkl. 12.00 Wita, KM Marcopolo Green bersama 14 wisatawan Belanda berhasil merapat di Pelabuhan KSOP Labuan Bajo dan semua penumpang tiba dengan selamat. [kis/fg]

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button