NUSANTARA

NASA Beri Respon Positip Pembangunan IKN

FLORESGENUINE.com-Beberapa peneliti dan pengamat mengkhawatirkan bahwa pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) dapat merugikan lingkungan dan keanekaragaman hayati di Kalimantan.

Mereka menyoroti potensi bahaya terhadap hutan dan satwa liar di wilayah tersebut akibat perubahan penggunaan lahan untuk pembangunan IKN sebagai ibu kota baru. Ada kekhawatiran bahwa ekosistem yang kaya di Kalimantan, termasuk hutan bakau dan spesies-spesies unik, dapat terancam oleh pembangunan IKN.

Beda dengan beberapa peneliti, National Aeronautics  and Space Administration (NASA) sebagai lembaga antariksa terkemuka Amerika Serikat malah memberikan respon positif terhadap rencana pembangunan IKN yang diinisiasi oleh Presiden Joko Widodo.

Meskipun ada kekhawatiran dari beberapa pihak terkait dampak lingkungan, NASA mengakui upaya Indonesia dalam mengatasi tantangan lingkungan yang dihadapi oleh Jakarta.

BACA JUGA:  Presiden Jokowi Kunjungan Kerja di Nagekeo

Respon positif dari NASA menunjukkan pengakuan terhadap keseriusan Indonesia dalam memindahkan ibu kota serta upaya dalam mengatasi masalah lingkungan di Jakarta.

NASA juga memandang pembangunan IKN sebagai kesempatan bagi Indonesia untuk menjadi contoh dalam pembangunan kota yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Citra satelit yang dirilis oleh NASA memberikan pemahaman yang lebih baik tentang dampak lingkungan dari pembangunan IKN, termasuk perubahan penggunaan lahan dan deforestasi.

Dengan memberikan data yang akurat dan terperinci, NASA membantu memperkuat kebijakan pembangunan yang berkelanjutan dan memperhatikan kepentingan lingkungan serta kesejahteraan masyarakat.

NASA juga memainkan peran penting dalam memantau dampak lingkungan dari proyek-proyek besar seperti pembangunan IKN, serta memberikan rekomendasi untuk mitigasi dampak negatif yang mungkin timbul. *[kis/fg]

BACA JUGA:  Polres Mabar Gelar Apel Peringati Harlah Pancasila 1 Juni 2024 di Labuan Bajo

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button