PARIWISATA

Jelajahi Keindahan Alam Bawa Laut Taman Nasional Komodo

FLORESGENUINE.com- Perairan Labuan Bajo, di Kabupaten Manggarai Barat, Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), terkenal sebagai salah satu kawasan wisata alam bawah laut yang terindah di dunia.

Kegiatan snorkeling atau diving di kawasan perairan Taman Nasional Komodo (TNK) merupakan salah satu kegiatan wisata terpopuler di Indonesia. Keindahan alam bawah laut TNK sungguh memukau dan menjadi daya tarik ribuan wisatawan untuk datang ke wilayah ini.

Bagi para petualang dan penjelajah alam bawah laut yang pernah menikmati sensasi alam bawah laut TNK, pengalaman itu rasanya sulit untuk dilupakan. Tercatat ada ratusan spot wisata bawah laut yang dapat Anda nikmati untuk aktivitas snorkeling, diving atau sekedar untuk merendam tubuh seraya menikmati birunya laut dan merasakan sensasi pantai berpasir putih.

Beberapa spot wisata alam bawah laut di Taman Nasional Komodo dan di Pesisir Kota Labuan Bajo, Ibu Kota Kabupaten Manggarai Barat yang dapat Anda kunjungi.

Pulau Kanawa :

Pulau Kanawa adalah salah satu spot snorkeling paling terkenal di Labuan Bajo. Lewat air yang jernih dan tenang, spot ini menawarkan pemandangan indah dengan keanekaragaman hayati laut luar biasa.

Mulai dari ikan pari, kura-kura laut dan terumbu karang yang masih asli. Selain snorkeling, pengunjung dapat menikmati pantai yang indah dan kegiatan lain seperti berjemur, berenang dan diving.

Pulau Padar :

Pulau Padar terkenal dengan pemandangan alamnya yang sangat memukau. Dari atas bukit, kamu dapat melihat pantai-pantai yang berwarna-warni dan air laut yang bergradasi dari biru ke hijau.

Selain pemandangan alam yang indah, spot snorkeling di Pulau Padar juga menawarkan keanekaragaman hayati laut luar biasa. Seperti ikan karang warna-warni, kuda laut dan terumbu karang yang masih asli dan terpelihara baik.

BACA JUGA:  Ketua Golkar Mabar Maju Pilkada Mabar Tahun 2024, Rofinus Rahmat: Masih Dinamis

Pulau Kelor :

Pulau Kelor merupakan spot snorkeling untuk anda yang ingin menikmati perairan tenang dan jernih. Di sini, pengunjung dapat melihat keanekaragaman hayati laut. Seperti ikan karang warna-warni, terumbu karang yang masih asli dan kura-kura laut yang sering berkeliaran di perairan sekitar pulau ini.

Selain snorkeling, pengunjung dapat menikmati pemandangan pantai yang indah dan berbagai kegiatan lain seperti hiking dan berenang.

Pulau Taka Makassar :

Pulau Taka Makassar merupakan pulau berpasir putih yang muncul saat air surut. Terletak di tengah laut dan terkenal dengan pasir putih yang sangat indah. Pulau ini kira-kira seluas lapangan sepak bola dan bentuknya kerap berubah-ubah sesuai perubahan alam.

Selain memiliki air yang jernih, spot untuk snorkeling di pulau ini menawarkan keanekaragaman alam bawah laut yang sangat menakjubkan. Keindahan alam bawah lautnya sangat  memukau. pengunjung dapat menyaksikan berbagai jenis biota laut dengan terumbu karangnya yang indah.

Pulau Seraya :

Meski hanya memiliki garis pantai sekitar 1 km, Pulau Seraya terkenal memiliki pemandangan alam yang memukau terutama sunset dan sunrise yang menakjubkan. Pulau ini memiliki keanekaragaman hayati laut yang memanjakan mata. Ikan-ikan berwarna-warni dengan terumbu karang yang spektakuler dapat anda nikmati di kawasan ini.

Pulau Batu Bolong :

Pulau Batu Bolong merupakan spot snorkeling yang menawarkan pengalaman yang sangat menantang. Terletak di TNK, arus laut di kawasan ini relative kuat dengan kondisi perairan yang agak labil terutama pada musim-musim tertentu. Namun, jika anda adalah seorang penyelam berpengalaman, anda akan merasakan sensasi yang luar biasa saat menyelam di pulau Batu Bolong.

Selain cocok untuk aktivitas menyelam, spot Batu Bolong baik untuk aktivitas snorkeling untuk menyaksikan berbagai jenis ikan baik ikan besar jenis pari, kura-kura laut hingga beragam jenis ikan lainnya.

BACA JUGA:  LPEI dan PT BCA Kucurkan Rp1,05 Triliun Bangun Marina Labuan Bajo

Pink Beach :

Lokasi wisata yang satu ini merupakan salah satu kawasan yang paling digandrungi oleh para wisatawan. Pantainya yang indah berwarna pink atau warna merah mudah, pantai Pink beach sangat cocok untuk snorkeling. Pasir berwarna pink merupakan hasil serpihan batu-batu koral atau karang. Pantai yang membentang melengkung dengan keindahan bawah lautnya yang eksotis. Pink Beach terkenal dengan keindahan beragam terumbu karang yang masih asli.

Airnya yang jernih dengan ombak yang bersahabat dan tenang karena diapiti oleh sejumlah pulau kecil di sekitarnya membuat tempat ini sangat nyaman untuk aktivitas snorkeling atau sekedar atau menikmati keindahan pantainya. Namun, kawasan Pink Beach merupakan bagian dari Pulau Komodo yang menjadi habitat asli binatang purba komodo maka pengunjung yang melakukan aktivitas di kawasan ini sebaiknya tetap waspada.

Pantai Pede, spot wisata yang cocok untuk snorkeling dan rekreasi. (Foto : Kornelis Rahalaka/Floresgenuine)

Pulau Manta Point :

Pulau Manta Point merupakan kawasan yang kerap dilewati oleh ikan pari, salah satu jenis ikan raksasa di bawah laut. Ikan pari manta tersebut merupakan hewan yang dilindungi. Para pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan hewan yang satu ini ketika berpapasan dengannya.

Selain ikan pari manta, di kawasan ini juga berkembang biak ratusan jenis ikan yang berwarna-warni, ubur-ubur dan terumbu karang yang masih asli. Spot snorkeling di perairan ini memerlukan peralatan yang tepat dengan pengawasan yang ketat karena ikan pari manta sering berkeliaran di sekitar perairan ini dan cukup berbahaya.

Pulau Sabolo :

Pulau Sabolo merupakan spot snorkeling di Labuan Bajo yang dikenal dengan arus perairannya yang cukup tenang dan jernih. Kawasan Pulau Sabolo mempunyai keanekaragaman hayati laut yang mempesona.

Di sini, anda dapat melihat ikan-ikan berwarna-warni dan terumbu karang yang indah. Selain itu, spot ini juga menawarkan pemandangan pantai yang menawan dan berbagai kegiatan lain, seperti wisata kuliner dan berenang.

BACA JUGA:  KemenPPN Evaluasi Pembangunan Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo

Pulau Rinca :

Pulau Rinca merupakan salah satu pulau yang menjadi habitat asli binatang purba komodo. Selain anda dapat melihat komodo, perairan di kawasan ini dapat untuk aktivitas snorkeling dan diving. Namun, seluruh aktivitas di kawasan ini membutuhkan pengawasan dari petugas jagawana atau ranger.

Selain pemandangan alamnya yang menakjubkan, Pulau Rinca merupakan pusat geopark yang menawarkan keanekaragaman hayati laut yang luar biasa. Beragam ikan dan biota lautnya terdapat di kawasan ini. Selain itu ada sejumlah fauna langka terdapat di sini.

Pulau Bidadari :

Dari namanya, sudah menggambarkan sebuah tempat wisata yang indah dan menakjubkan. Pulau ini memang kurang sepopuler seperti Pulau Komodo, Padar atau Rincakarena tidak ada binatang komodo di tempat ini. Namun, alam bawah lautnya sungguh mempesona.

Pulau Bidadari terkenal dengan keindahan terumbu karang dan biota lautnya yang luar biasa. Di sini, anda bisa melihat banyak jenis ikan seperti ikan nemo, ikan pari yang langka dan kuda laut.

Fasilitas dan peralatan untuk diving dan snorkeling tersedia di pulau cantik ini. Di tempat ini anda akan dipandu oleh petugas dalam beraktivitas karena arus lautnya agak kuat dan dalam.

Pantai Pede :

Pantai Pede merupakan salah satu pantai yang terletak di jantung Kota Labuan Bajo. Hampir setiap hari pantai ini dikunjungi oleh banyak wisatawan dan penduduk lokal. Maklum, pantai ini merupakan satu-satunya pantai yang masih terbuka untuk public. Di pantai ini, cocok untuk snorkeling atau sekedar melepas lelah. Arus di perairan ini cukup tenang dan aman untuk aktivitas snorkeling. [kis/fg]

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button