NUSANTARA

Gunung Api Lewotobi Laki Laki Kembali Erupsi, Masyarakat Diminta Waspada

FLORESGENUINE.com- Gunung api Lewotobi Laki Laki di Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur (Flotim), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) kembali erupsi, Senin (10/6/2024).

Gunung api Lewotobi Laki Laki di posisi geografis Latitude-8.5389°LU, longitude 122.7682°BT dan memiliki ketinggian 1584 mdpl itu meletus sekitar Pkl. 07.20 pagi Wita.

Pusat  Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan, telah terjadi erupsi yang melontarkan abu vulkanik setinggi 800 meter dari kawah gunung. Erupsi terekam di seismograf dengan aplitudo maksimum 41,4 milimeter dan durasi 303 detik.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Lewotobi Laki Laki Adzan Anung Indiarsyah kepada media menjelaskan, kolom abu vulkanik berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah Barat Daya.

Gunung Lewotobi mempunyai dua puncak yaitu Gunung Lewotobi Laki Laki dan Gunung Lewotobi Perempuan. PVMBG mengimbau masyarakat di sekitar gunung agar waspada dan tidak melakukan aktivitas dalam radius 2 kilometer dari pusat erupsi serta 3 kilometer pada arah Utara Timur Laut dan 5 kilometer pada sector Timur Laut.

Masyarakat juga diminta untuk tetap tenang dan mengikuti arahan petugas dan pemerintah setempat. [kis/fg]

BACA JUGA:  UU Desa Telah Disetujui oleh Baleg dan Pemerintah Sebelum Disahkan

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button