FLORESIANA

Empo Mberong

FLORESGENUINE.com- Salah satu cerita rakyat (legenda) yang ada di kalangan masyarakat di tanah Kempo Mese, Flores Barat, adalah Empo Mberong.  Empo Mberong dapat diartikan sebagai manusia raksasa yang tinggi dan besar badannya, tidak seperti manusia biasa.

Empo Mberong dilukiskan memiliki tinggi badan setara dengan pohon kelapa dan besarnya setara 100 kali badan manusia dewasa. Empo Mberong juga digambarkan mempunyai sifat buas. Ia suka menelan manusia secara bulat-bulat.

Itulah sebabnya manusia selalu takut akan sosok Empo Mberong ini. Di zaman ini, sifat rakus dan ketamakan Empo Mberong itu pun kerap ditiru (nucing) oleh manusia biasa terhadap manusia lainnya.

Sifat kerakusan manusia atas manusia lainnya itu sering pula dianggap sebagai “bawaan” sifat rakus dari Empo Mberong. Bahkan penguasa atau pemimpin di suatu komunitas yang dianggap korup, besar kepala atau congkak dan menindas orang lain,  sering pula dituduh sebagai “ata nucing ruku de Empo Mberong“.

BACA JUGA:  Rindu Kembali ke Potongan Surga

Senang lihat orang menderita akibat kerakusannya serta  bangga jika sukses mengalahkan orang lain, juga merupakan ciri lain dari manusia bertabiat Empo Mberong di zaman ini. Apakah eksistensi Empo Mberong hanya sebuah  legenda atau hanya mitos belaka?

Rasanya peradaban Empo Mberong itu benar-benar pernah ada. Artinya, Empo Mberong itu memang pernah hidup di bumi ini di masa lampau.

Kita dapat menyimpulkan bahwa cerita rakyat tentang Empo Mberong bukan sekadar cerita kosong. Ia memang pernah ada. Sebab tabir keberadaan mahkluk bernama Empo Mberong itu, kini mulai terkuak.

Setidaknya, dengan penemuan tengkorak kepala manusia yang besar di kawasan Asia Tenggara seperti dalam gambar di atas membuka tabir rahasia legenda Empo Mberong. Melihat ukuran kepala manusia yang tak biasa ini, semakin menegaskan keberadaan manusia raksasa bernama Empo Mberong itu. [Dus Barat Daya]

BACA JUGA:  Semarak Kembang Api Warnai Malam Pergantian Tahun di Labuan Bajo

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button