PARIWISATA

Media Berperan Ciptakan Persepsi Publik Tentang Pariwisata

FLORESGENUINE.com– Media berperan penting menciptakan persepsi public tentang pariwisata Labuan Bajo, Flores. Media juga berperan mengkampanyekan pariwisata yang terintegritas, tourism awareness serta mempromosikan potensi pariwisata kepada masyarakat dunia.

Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores (BPOLBF) Shana Fatina menjelaskan, peran media sangat penting untuk menciptakan persepsi publik tentang pariwisata Labuan Bajo, Flores. Untuk itu, perlu mendiskusikan bersama mengenai model pemberitaan, bagaimana mengemas berita agar mampu menarik wisatawan serta meningkatkan citra pariwisata di mata publik.

Shana Fatina pada rapat Focus Group Discustion (FGD) bersama para pegiat media massa di Hotel Par Lezo Labuan Bajo, Minggu (10/12/2023) menekankan pentingnya mencari model pemberitaan yang cocok untuk pariwisata Labuan Bajo.

BACA JUGA:  BPOLBF Bangun Kordinasi dengan Pemda Mabar Mempercepat Pembangunan Kampus Poltekpar Negeri di Labuan Bajo

“Kami melihat kemarin-kemarin, banyak kecelakaan terjadi di Labuan Bajo, demikian juga kekurangan di sana sini, mungkin tidak berhenti di kejadiannya tetapi bagaimana stake holder menanganinya dan mengantisipasi, sehingga menjadi nyaman bagi wisatawan,”ujarnya.

Dia berharap, media membantu menggali lebih banyak feedback opini non pemerintah terkait pembangunan pariwisata. Media perlu melihat bahwa masalah pariwisata bukan hanya menjadi kerja pemerintah dan mengenai pengelolaan pariwisata oleh pemeritah semata tetapi butuh kerjasama gotong royong semua elemen masyarakat.

Sementara itu, Kepala Divisi Komunikasi Publik BPOLBF, Sisilia Jemana mengatakan, temu admin dan media merupakan bentuk kolaborasi admin media sosial bersama para jurnalis untuk mendiskusikan hal-hal yang berkaitan dengan pemberitaan dibidang pariwisata.

Turut hadir dalam diskusi ini yakni Ketua Tim Kelompok Media Digital Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Apriyanti dan Vanlentino Loys dari Travel Journalis Nasional Geoprapic. Sedangkan para peserta terdiri dari para jurnalis, admin media social, admin podcast dan admin kominfo. [kis/fg]

BACA JUGA:  Pariwisata Berbasis Masyarakat dan Keberlanjutan

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button