EDUKASINEWS

Jenis Handphone yang Pancarkan Radiasi Paling Tinggi

FLORESGENUINE.COM – Telepon genggam atau handphone (HP) merupakan perangkat elektronik yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Namun, apakah kalian tahu bahwa HP mampu memancarkan beberapa tingkat radiasi yang berbeda?

Tingkat radiasi pada setiap HP memiliki volume emisi bervariasi dengan banyak faktor. Hal ini, bisa terkait jenis perangkat dan modelnya, usia serta kekuatan antena pemancarnya. Faktor lain yakni jarak dari menara seluler terdekat.

Sebuah laporan oleh Bankless Times memuat daftar HP yang memiliki tingkat radiasi paling tinggi. Studi ini berdasarkan tingkat absorpsi spesifik (SAR), yang mengukur seberapa cepat tubuh menyerap energi frekuensi radio. Komisi Komunikasi Federal AS telah menetapkan tingkat SAR maksimum sebanyak 1,6 watt per kilogram.

BACA JUGA:  Pemuda Muhamadiyah Matim Siap Gelar Msyda Ke 2

Merk handphone mana saja yang memancarkan radiasi terbesar? Beberapa model lama dari Google, Sony, Motorola, OnePlus, OPPO, dan ZTE memancarkan radiasi paling tinggi. Sementara, Motorola Edge menempati urutan teratas smartphone dengan pancaran radiasi tertinggi, diikuti oleh Axon 11 5G dari ZTE dan OnePlus 6T.

Beberapa ponsel keluaran Google Pixel, OnePlus, dan Sony Xperia mendominasi daftar tersebut. Di dalam daftar termasuk Pixel 3, Pixel 3XL, Pixel 4a, Xperia XA2 Plus, Xperia XZ1 Compact dan OnePlus 6/6T.

Namun, perangkat tersebut adalah beberapa tipe ponsel android yang dirilis dua hingga lima tahun yang lalu. Jumlah orang yang menggunakannya saat ini kemungkinan sedikit. Adapun, Motorola Edge memiliki tingkat emisi radiasi terburuk dengan ukuran SAR 1,79 watt per kilogram.

Berikut daftar lengkap HP dengan tingkat radiasi paling tinggi sebagaimana dikutip CNBC Indonesia dari Gizchina.

BACA JUGA:  Polres Mabar Gelar Tes Kesamaptaan Jasmani Tahap Pertama Tahun 2024

Motorola Edge(1,79 w/kg)

ZTE Axon 11 5G (1,59 w/kg)

OnePlus 6T (1,55 w/kg)

Sony Xperia XA2 Plus (1,41 w/kg)

Google Pixel 3XL (1,39 w/kg)

Google PIxel 4a (1,37 w/kg)

Oppo Reno5 5G (1,37 w/kg)

Sony Xperia XZ1 Compact (1,36 w/kg)

Google Pixel 3 (1,33 w/kg)

OnePlus 6 (1,33 w/kg). (kis/fg)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button