PARIWISATA

Shana Fatina : Labuan Bajo Buka Penerbangan Langsung Internasional

FLORESGENUINE.com– Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF), Shana Fatina mengungkapkan bahwa ada rencana penerbangan langsung internasional pada tahun 2024. Penerbangan langsung internasional itu yakni rute Singapura – Labuan Bajo dan Australia – Labuan Bajo.

Rencana kerjasama dalam pembukaan penerbangan langsung internasional ini seiring dengan ditetapkannya status Bandara Udara Labuan Bajo sebagai bandara internasional. Kerjasama penerbangan langsung ini termasuk di dalamnya, merancang strategi menangani low season atau musim non liburan di Labuan Bajo.

Shana Fatina mengatakan hal ini saat menghadiri acara jumpa pers akhir tahun yang digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) yang berlangsung di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Jumad (22/12/2023).

BACA JUGA:  BPOLBF Pastikan Jaringan Komunikasi Wisatawan Saat Berkunjung di Labuan Bajo Aman

Rapat yang dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno ini juga membahas capaian-capaian yang diraih oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) selama 2023 dan membahas pula beberapa agenda kerja serta target capaian pada tahun 2024 mendatang.

Selain rencana kerjasama penerbanagan langsung internasional Shana juga memaparkan sejumlah capaian selama tahun berjalan, terutama tingkat kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo. Ia menyebutkan, hingga Nopember 2023, jumlah kunjungan ke Labuan Bajo naik mencapai 270.000.

Bandar udara Labuan Bajo dari puncak Parapuar. (Foto : Kornelis Rahalaka/Floresgenuine)

Sementara itu, menjawab pertanyaan wartawan terkait minimnya fasilitas di Parapuar, Shana menjelaskan bahwa tahun 2024 BPOLBF bersama mitra akan mulai membangun sejumlah fasilitas pendukung pariwisata di kawasan Parapuar. Antara lain listri yang saat ini menggunakan solar panel yang ramah lingkungan serta beberapa fasilitas lainnya yang akan dibangun tahun depan.

Selain itu, BPOLBF bersama mitra juga akan fokus pada penyelenggaraan event-event dan pengembangan produk-produk wisata dan akomodasi. Ia berharap, tahun 2024 beberapa fasilitas penunjang destinasi wisata Parapuar akan dibangun dan dikembangkan di kawasan tersebut.

BACA JUGA:  Berpetualang ke Kampung Nelayan Papagarang, Menikmati Suasana Pantai yang Indah

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyebutkan, ada tiga maskapai penerbangan yang akan melayani rute  penerangan langsung internasional yaitu Air Asia, untuk rute Kuala Lumpur, Scoot untuk rute Singapura dan Jet Star untuk rute Australia.

Dia berharap, dengan adanya penerbangan langsung internasional dari beberapa negara tersebut dapat mendorong tercapainya target 1 juta penumpang di Bandara Udara Labuan Bajo pada tahun 2024. [kis/fg]

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button