BUMI MANUSIA

Uskup Paskalis Bruno Syukur, OFM Jadi Kardinal Indonesia

FLORESGENUINE.com- Paus Fransiskus usai doa Angelus atau doa Malaikat Tuhan di Halaman Santo Petrus Vatikan pada Minggu (6/10/2024) mengumumkan pembentukan 21 kardinal baru dari perwakilan seluruh dunia.

Salah satu uskup yang diangkat oleh Paus Fransiskus untuk menjadi Kardinal adalah Uskup Bogor, Mgr.Paskalis Bruno Syukur,OFM. Untuk diketahui, Uskup Paskalis Bruno Syukur berasal dari Tana Dereng, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Flores, NTT.

Paus Fransiskus bakal mengadakan konsistori yaitu pertemuan Dewan Gereja Katolik Roma untuk pembentukan kardinal baru pada 8 Desember 2024 di Vatikan. Seperti dikutip dari Vatican New, konsistori yang akan diadakan dengan perwakilan dari seluruh dunia, bakal diadakan sebelum pembukaan Yubileum Harapan 2025 dan setelah penutupan sesi kedua sinode tentang sinodalitas di Vatikan. Konsistori terbaru Paus Fransiskus untuk pembentukan kardinal baru telah diadakan sebelum sesi pertama sinode tentang sinodalitas pada 30 September 2023 lalu.

BACA JUGA:  Kasus Perdagangan Orang Kian Mengkhwatirkan, Ini Kata Paus Fransiskus

Paus Fransiskus mengatakan, asal usul mereka mengungkapkan universalitas gereja, yang terus mewartakan kasih Allah yang penuh belas kasih kepada semua orang di bumi. Keikutsertaan mereka dalam Keuskupan Roma juga menunjukkan ikatan yang tak terpisahkan antara Tahta Petrus dan gereja-gereja partikular yang tersebar di seluruh dunia. Paus meminta umat beriman untuk berdoa bagi para kardinal di masa mendatang.

“ Marilah kita berdoa bagi para kardinal yang baru, agar dengan meneguhkan kepatuhan mereka kepada Kristus, Imam Besar yang penuh belas kasih dan setia, mereka dapat membantu saya dalam pelayanan saya sebagai Uskup Roma dan kebaikan semua umat kudus Allah,” ungkap Paus Fransiskus.

Dengan Konsistori yang akan datang, menurut data dari Vatikan, Dewan Kardinal akan bertambah menjadi 256 Kardinal, 141 diantaranya akan menjadi kardinal elector. * [kis/fg]

BACA JUGA:  Paus Fransiskus Ajak Para Imam dan Klerikus Hindari Sikap Munafik

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button