KESEHATAN

Pemkab Sikka Komitmen Upaya Pencegahan dan Penanggulangan Rabies

FLORESGENUINE.com- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sikka, Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) berkomitmen mendukung upaya pencegahan dan penanggulangan rabies di wilayah itu agar bebas dari rabies.

Asisten 1 Sekda Sikka, Fitrinita Kristiani mengatakan ini dalam rapat koordinasi (Rakor) upaya pencegahan dan penanggulangan rabies yang digelar di ruang rapat Rokatenda, Jl. El-Tari Maumere, Selasa (2/7/2024).

Rakor membahas langkah-langkah konkrit dalam menangani kasus rabies yang semakin mengkhawatirkan di beberapa kecamatan. Dalam rapat ini, Dinas Kesehatan Sikka menyampaikan data terbaru mengenai kasus rabies serta langkah-langkah yang telah dilakukan untuk menanggulangi rabies.

Rapat koordinasi ini dihadiri beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) antara lain, Dinas Pertanian, Dinas Kominfo, Inspektorat para Camat dan tim Posko Rabies Kabupaten Sikka. Rakor ini menunjukkan komitmen pemerintah Sikka untuk mengatasi permasalahan kesehatan masyarakat yang sangat penting di wilayah ini. Melalui kerjasama dan kolaborasi yang solid antara pemerintah dan masyarakat dapat diharapkan Kabupaten Sikka mencapai status bebas rabies.

BACA JUGA:  Kasus DBD di Indonesia Terus Meningkat, 404 Orang Per 26 Maret 2024 Meninggal

Sementara itu, salah satu strategi pencegahan dan penanggulangan penyakit rabies yakni dengan meningkatkan kesadaran masyarakat dan meningkatkan efektivitas program vaksinasi serta sterilisasi hewan.

Sekretaris Dinas Pertanian Innosensius Servianus Siga melaporkan progres program vaksinasi dan sterilisasi terhadap hewan peliharaan yang menjadi bagian dari upaya dalam pencegahan penyakit rabies. Selain itu, kolaborasi erat antara pemerintah dan masyarakat guna mencapai target eliminasi rabies di wilayah ini.

Rapat ini juga menghasilkan keputusan untuk mengintensifkan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya vaksinasi hewan peliharaan dan langkah-langkah pencegahan lainnya. Selain upaya peningkatan ketersediaan vaksin rabies di setiap Puskesmas dan Pos kesehatan yang tersebar di wilayah Sikka. *[kis/fg]

BACA JUGA:  Operasi Ketupat 2024, Sidokkes Polres Mabar Beri Pelayanan Kesehatan Bagi Petugas dan Masyarakat

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button