NEWS

Gunung Lewotobi Laki-Laki Kembali Erupsi, Abu Vulkanik Setinggi 1000 Meter

FLORESGENUINE.com- Gunung Lewotobi laki-laki yang terletak di Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur, (Flotim), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) kembali erupsi pada Minggu (7/7/2024).

Gunung Lewotobi laki-laki mengeluarkan kolom abu vulkanik setinggi sekitar 1000 meter dengan intensitas tebal.  Gunung Lewotobi laki-laki erupsi sekitar Pkl. 09.00 Wita ini teramati sekitar 1.000 meter di atas puncak atau sekitar 2484 m di atas permukaan laut. Demikian keterangan tertulis seperti dilansir oleh pos pengamatan Gunung Lewotobi Laki-laki kemarin.

Pos pengamatan menyebutkan, kolom abu erupsi terlihat warna kelabu dengan intensitas tebal ke arah barat dan barat laut. Sementara itu, erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 47.3 mm dan durasi 2 menit 55 detik.

BACA JUGA:  Ketum PKN Anas Urbaningrum Safari Politik di NTT

Masyarakat dan pengunjung yang berada di sekitar gunung dilarang melakukan aktivitas apapun dalam radius radius 3 km dari pusat erupsi Lewotobi Laki-laki dan Gunung Lewotobi Perempuan. Pasalnya, Gunung Lewotobi laki-laki masih berstatus siaga atau level III.

Warga dan pengunjung juga diimbau untuk tidak melakukan aktivitas apapun dari pusat erupsi serta sektoral empat kilometer pada arah utara-timur laut dan lima kilometer pada sektor timur laut.

Untuk diketahui di tempat ini terdapat dua gunung api dengan memiliki ketinggian yang hampir sama yakni Gunung Api Lewotobi laki-laki dengan ketinggian 1584 m dpl dan Lewotobi Perempuan dengan ketinggian 1703 m dpl. Namun, selama ini Gunung Api Lewotobi laki-laki yang  sering aktif dan mengalami erupsi. [kis/fg]

 

BACA JUGA:  Polres Mabar Giat Patroli Malam Jalur Utama dan Keramaian di Labuan Bajo

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button